riau24

Bukan Untuk Bersihkan Sepatu, Ini Lho Fungsi Penting dari Sikat yang Ada di Pinggir Eskalator

Kamis, 16 Januari 2020 | 11:19 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Saat jalan-jalan ke mall atau tempat yang memiliki eskalator, pernahkan anda melihat adanya sikat yang berada di sisi-sisi tanggal berjalan tersebut? Benda itu namanya adalah escalator brushes atau sikat eskalator.

Lantas, apa sih sebenernya fungsi sikat eskalator tersebut?  Seperti diberitakan Grid.id belum lama ini, fungsi dari sikat tersebut sebenernya itu lebih penting, yaitu untuk keamanan. Namun yang jelas sikat itu bukan untuk membersihkan sepatu penggunanya.

Menurut Reed & Mansfield, sebuah firma hukum terkemuka di California, cedera di eskalator biasanya disebabkan karena kaki terseret antara dua pijakan eskalator atau kaki yang terperangkap di antara sisi eskalator dan pijakan yang bergerak.
Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Kebiasaan Memendam Perasaanya Pada Pasangan

Kedua hal itu bisa menyebabkan cedera parah pada kaki maupun badan pengguna eskalator yang nggak hati-hati. Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka dipasanglah sikat di sisi-sisi eskalator. Tujuannya adalah adalah untuk mencegah orang untuk berdiri tepat di ujung eskalator serta mencegah pakaian dan kaki supaya tidak terseret ke celah antara sisi dan pijakan eskalator.

Tapi, alasan paling penting menurut Popular Science, sikat tersebut dipasang untuk mencegah rambut, debu atau serpihan-serpihan lain masuk ke roda gigi yang bisa membuat eskalator meledak.

Menurut Popular Science, eskalator pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1892. Saat itu, desainnya masih tetap sama, sampai sebuah bencana terjadi pada tahun 1987 ketika eskalator stasiun London Underground meledak dan menewaskan 31 orang.
Baca Juga: Bingung Mau Masak Apa Hari ini? Coba Buat Oseng Kerang Dara Pedas Manis

Eskalator itu meledak karena adanya bulu-bulu halus, termasuk serpihan kertas, serat, dan bahkan minyak yang terkumpul dalam jumlah besar di dalam rangka bawah mesin eskalator.

Gesekan ekstrim antara serpihan-serpihan tersebut dengan roda gigi menyebabkan kebakaran dan membuat eskalator meledak.

Maka dari itu, eskalator modern menambahkan fitur-fitur keamanan tambahan untuk menghindari bencana serupa terulang. Diantaranya adalah tombol berhenti darurat, alat penyiram otomatis dan tentu saja sikat deflektor ini atau sikat eskalator.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...