riau24

Suka Makanan Pedas, Coba Buat Ayam Rica-Rica Pedas ini

Sabtu, 18 Januari 2020 | 09:52 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Bicara soal olahan dari daging ayam memang banyak kita temukan. Salah satu masakan yang juga banyak penggemarnya adalah ayam rica-rica. Bagi anda yang suka dengan makanan pedas, masaka ini bisa anda coba di rumah. Yuk langsung intip cara membuatnya.
Baca Juga: 3 Tips Agar Betah Tinggal di Rumah saat Pandemi Corona

Bahan:
1/2 kg daging ayam (potong kecil-kecil)
1 batang sereh1 ruas lengkuas
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:
Air secukupnya
Gula, garam dan penyedap rasa ayam secukupnya
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 ruas kunyit
2 biji kemiri
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
10 buah cabe rawit
12 buah cabe keriting merah
Baca Juga: Resep Soto Ayam Kuah Santan

Cara Membuat
1. Cuci bersih potongan ayam dengan air mengalir, beri perasan jeruk nipis supaya tidak amis. Cuci kembali, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya, lalu rebus daging ayam hingga matang.

2. Apabila sudah matang, angkat ayam cuci kembali dengan air besrih, lalu tiriskan.

3. Goreng daging ayam hingga berwarna kekuningan, jangan terlalu garing saat menggorengnya. Bila sudah matang, angkat dan tiriskan.

4. Buatlah bumbu untuk rica-rica. Haluskan bumbu, tumis hingga harum. Jangan lupa masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh. tumis kembali hingga harum.

5. Dirasa bumbu sudah tanak, tambahkan air secukupnya, garam, gula, dan penyedap rasa ayam, lalu aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih dan mengental

6. Selanjutnya masukkan ayam ke dalam bumbu, aduk-aduk hingga rata. Tunggu hingga bumbu meresap dengan sempurna.Lalu cicipi dan dirasa sudah pas sajikan rica-rica ayam ke dalam piring. Beri taburan bawang goreng supaya lebih nikmat.

PenulisR24/ibl



Loading...

Terpopuler

Loading...