riau24

Lantik Wakajati Riau, Perkara Narkoba Dan Karhutla Jadi Prioritas

Kamis, 23 Januari 2020 | 23:03 WIB
Kajati Riau Mia Amiati memasangkan pin pada Wakajati Riau yang baru Daru Tri Sadono Kajati Riau Mia Amiati memasangkan pin pada Wakajati Riau yang baru Daru Tri Sadono

RIAU24.COM - Sempat kosong posisi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati Riau) pasca dilantiknya Mia Amiati menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau.

Posisi Wakajati Riau akhirnya diisi oleh Daru Tri Sadono memdampingi Kajati Riau Mia Amiati, ditandai dengan acara pelantikan yang dilakukan pada Kamis, 23 Januari 2020 di aula gedunga Kajati Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru.

"Hari ini kita melantik Wakajati Riau dan juga dua Kajari yakni Kajari Dumai dan Kajari Rokan Hulu serta Koordinator Kejati Riau," sebut Kajati Riau, Mia Amiati, Kamis, 23 Januari 2020.

Dikatakannnya pada prinsipnya wakajati selaku pengendali perkara pidana umum,  dalam penyampaian perkara pidum semua jaksa harus melaksanakan kegiatan sesuai tata perundang-undangan yang responsif, progesif dan akuntabel.

Baca Juga: Komperensi: Selama Reses di Kuansing, Masyarakat Minta Dibangun Turap dan Jembatan Gantung

"Untuk daerah yang menonjol seperti perkara narkoba, sebagaimana diketahui Riau sebagai daerah perlintasan yang bisa dimasuki narkoba. Penanganan harus dilakukan maksimal. 

"Sejak saya dilantik jadi Wakajati, sudah 9 orang yang dijatuhi pidana mati karena kasus narkoba ini," ujar Mia.

Sementara itu, Wakajati Riau Daru Tri Sadono mengatakan pasca dilantik akan melakukan update manajerial dan meningkatkan kemampuan teknis jaksa untuk memberikan pelayanan publik, keadilan dan penegakan hukum.

"Sesuai arahan Kajati Riau, saya diberikan tugas untuk fokus pada penanganan perkara pidum. Terutama dalam memberikan pelayanan maksimal kepada publik," ujar Daru.

Selain itu juga dalam menegakkan  kemampuan teknis dari para jaksa dan  bagaimana memenej para jaksa menangani perkara sejak penyidikan sampai eksekusi.

Tak ketinggalan selain perkara narkoba, perkara penanganan kebakaran hutan dan lahan juga menjadi prioritas utama.

"Bagaimana setidak-tidaknya mengurangi (Karhutla). Pada tahun ini, kita targetkan. Kami akan intensif berkoordinasi dengan pihak terkait," pungkas mantan Wakajati Lampung ini.

Baca Juga: Wujudkan WBK dan WBBM, Lapas dan Rutan Se Indonesia Gelar Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020

Tidak hanya melantik Daru, Kajati juga  melantik Khairul Anwar menjadi Kepala Kejari (Kajari) Dumai.

Mantan Asisten Bidang Pengawasan (Aswas) Kejati Banten itu menggantikan Mat Perang Yusuf yang pindah tugas selaku Inspektur Muda Bidang Tindak Pidana Umum, Perdata dan Tata Usaha Negara pada Inspektorat I pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

Selanjutnya, pelantikan Ivan Damanik selaku Kajari Rokan Hulu (Rohul) menggantikan Freddy Daniel Simanjuntak yang pindah tugas selaku Aswas Kejati Sumatra Barat (Sumbar). Ivan Damanik sebelumnya menjabat Kajari Maluku Barat.

Terakhir, pelantikan Silpia Rosalina selaku Koordinator pada Kejati Riau menggantikan Afrillianna Purba yang promosi menjadi Kajari Konawe Selatan di Andoolo. Silpia sendiri sebelumnya adalah Jaksa Fungsional pada Kejati Riau.

PenulisR24/amri



Loading...


Terpopuler

Loading...