riau24

Dipuji Jokowi dan Prabowo, Begini Keunggulan Kapal Selam Alugoro-405 Buatan Putra Indonesia

Senin, 27 Januari 2020 | 17:21 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo serta sejumah menteri lain, menyaksikan langsung kelebihan kapal selam Alugoro yang merupakan produksi putra Indonesia yang bekerja sama dengan Korea Selatan. Foto: int Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo serta sejumah menteri lain, menyaksikan langsung kelebihan kapal selam Alugoro yang merupakan produksi putra Indonesia yang bekerja sama dengan Korea Selatan. Foto: int

RIAU24.COM -  Pujian diberikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, kepada kapal selam Alugoro-405. Kapal selam hasil karya anak bangsa itu, dinilai punya kelebihan tersendiri. Karena kapal itu dibuat menyesuaikan dengan kondisi laut dan pulau-pulau di Indonesia. Sehingga dalam melaksanakan tugasnya nanti, kapal itu diharapkan bisa melaksanakan tugas secara maksimal.  

Pujian itu dilontarkan Jokowi saat meninjau Alugoro-405 di galangan kapal perang PT PAL di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabya, Jawa Timur, Senin 27 Januari 2020. 

Ikut serta dalam kegiatan itu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: Luhut: Ada 30 Cukong Siap Danai Ibu Kota Baru

"Saya kira sebuah kerja sama yang bagus, ada transfer teknologi di dalam pembangunan kapal selam Alugoro kita. Kita harapkan pada suatu titik kita bisa mandiri mengerjakan semuanya oleh anak-anak bangsa sendiri," lontar Jokowi. 

Dilansir viva, Kapal selam Alugoro ini merupakan kapal selam ketiga dari batch pertama yang merupakan kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME),  perusahaan yang berbasis di Korea Selatan.

Dengan membangun kapal selam Alugoro, Indonesia menjadikan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam dengan predikat zero defect. Kapal selam ini berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Dari informasi Departemen Humas PT PAL Indonesia, Kapal Selam Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot.

Selain itu, Kapal Selam Alugoro sudah menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. Ini merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

"Tahapan NDD ini sangat penting karena setelah tahapan NDD berhasil dilaksanakan dapat disimpulkan 90 persen proses pembangunan kapal selam telah berhasil," kata Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro.

Baca Juga: Beredar Foto Ridwan Kamil Buka Cafe di Australia, Fadli Zon: Tak Perlu, Urusi Banjir Dulu

Sebelumnya, Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra menuturkan sejumlah kelebihan yang dimiliki kapal selam Alugoro tersebut. Dilansir cnbc, salah satu keunggulannya adalah KRI 405 Alugoro sebagai kapal selam yang paling optimal selama dibuat PT PAL. Salah satu indikator yang dibuat adalah cocok untuk menyisir perairan di Indonesia.

"Karena setting-an (kapal selam ini) kan beda dengan kapal selam samudera lepas. Nanti malah sulit untuk bermanuver. Kapal selam ini manuver serta ability-nya cocok dengan kedalaman kepulauan di Indonesia. Itu yang terutama," katanya.

Salah satu keunggulan lain yang masuk ke dalam perhitungan adalah mampu untuk menembus kedalaman laut yang cukup dalam. "Kemarin sudah berhasil dites 250 meter, itu sangat dalam. Dan ini bukan kedalaman maksimum. Jadi nanti ada pengetesan lagi lebih dalam," jelas Utario. ***

PenulisR24/wan



Loading...


Terpopuler

Loading...