riau24

Mengerikan, Kuba dan Jamaika Dilanda Gempa Bumi Terkuat Sepanjang Sejarah Negara

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:33 WIB
Mengerikan, Kuba dan Jamaika Dilanda Gempa Bumi Terkuat Sepanjang Sejarah Negara Mengerikan, Kuba dan Jamaika Dilanda Gempa Bumi Terkuat Sepanjang Sejarah Negara

RIAU24.COM -   Gempa kuat telah melanda antara Kuba dan Jamaika, dengan orang-orang sejauh Miami merasakan efeknya. Gempa bumi, yang berkekuatan 7,7, menghantam selatan Kuba dan barat laut Jamaika pada 14:10 waktu setempat, kata US Geological Survey.

Menurut Earthquake Track, ini adalah gempa dengan magnitudo tertinggi yang pernah dicatat oleh kedua pulau. Pusat Peringatan Tsunami AS sebelumnya telah mengeluarkan peringatan untuk Jamaika, Kuba dan Kepulauan Cayman tetapi mengatakan ancaman tsunami kini telah berlalu. Namun, belum ada cedera atau kerusakan besar yang dilaporkan. Gempa itu juga menghantam Kepulauan Cayman, meninggalkan jalan-jalan yang retak, lubang-lubang yang menganga di lantai dan apa yang tampak sebagai limbah yang tumpah dari pipa-pipa yang patah.

Baca Juga: Kacau, Tiba-tiba Muncul Petisi Makzulkan Presiden Korea Selatan Moon, Dianggap Gagal Atasi Virus Corona



Gempa itu berpusat 125 kilometer utara-barat laut Lucea, Jamaika, sedangkan pusat gempa relatif dangkal pada 10 kilometer (6 mil) di bawah permukaan. Namun, banyak yang mengatakan mereka merasakan getaran dari jauh seperti Miami, dengan seorang wanita mengatakan dia merasakan seluruh bangunannya bergoyang dan berbagi video lampu yang bergetar.

Beberapa bangunan di Florida Selatan juga dievakuasi sebagai tindakan pencegahan, menurut pejabat kota Miami dan Miami-Dade County, tetapi tidak ada cedera atau penutupan jalan yang dilaporkan. Warga di kota Santiago, Kuba timurlaut, mengatakan mereka merasakan gempa dengan kuat. Belkis Guerrero, yang bekerja di sebuah pusat kebudayaan Katolik di kota itu, mengatakan: ‘Kami semua duduk dan kami merasakan kursi-kursi itu bergerak. ‘Kami mendengar suara segala sesuatu bergerak. Rasanya sangat kuat tetapi tidak terlihat seperti sesuatu terjadi. "

Baca Juga: Seperti Cerita di Film, Wanita Cantik Ini Baru Tahu Suaminya Orang Kaya Raya Beberapa Saat Jelang Menikah

Stenette Davis, seorang psikiater di sebuah rumah sakit Kepulauan Cayman, mengatakan dia telah melihat penutup lubang got yang diterbangkan oleh kekuatan gempa, dan kotoran meledak ke jalan. Sementara itu, Claude Diedrick, 71, yang memiliki bisnis pagar di Montego Bay, mengatakan dia duduk di kendaraannya membaca ketika bumi mulai bergoyang. "Rasanya saya seperti berada di jembatan dan seperti ada dua atau tiga truk berat dan jembatan itu bergoyang tetapi tidak ada truk," katanya.

Kevin Morales, pemimpin redaksi surat kabar Cayman Compass mengatakan pulau-pulau melihat begitu sedikit gempa, staf ruang berita bingung ketika terjadi. "Itu seperti truk sampah besar yang lewat," katanya. "Kemudian itu berlanjut dan menjadi lebih intens." USGS awalnya melaporkan besarnya 7,3 tetapi sejak mengubahnya menjadi 7,7.

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...


Loading...