riau24

Tak Seperti di Indonesia, Mobil Bermesin ini Justru Tak Populer di China

Jumat, 07 Februari 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Jika di Indonesia mobil bermesin tiga silinder masih diterima, di China sendiri justru menolak hadirnya mobil bermesin tersebut.

Dilansir Sindonews.com, Jumat 7 Februari 2020 dari Reuters, hal itu diketahui dari adanya penolakan rencana General Motors dan Buick yang berencana menghapuskan mesin empat silinder menjadi tiga silinder.

Rencana itu tentu tak lain sebagai langkah efisiensi bahan bakar serta regulasi emisi yang kian ketat di banyak negara salah satunya China. Menggunakan mesin tiga silinder yang memiliki konsumsi bahan bakar irit serta emisi yang rendah menjadi pilihan GM dan Buick.
Baca Juga: Sudah Resmi Dijual, Ini Harga Honda Jazz Terbaru

Tapi, hal itu justru mendapat penolakan dari jaringan diler General Motors yang menyatakan jika konsumen China tidak menyukai mesin tiga silinder yang dinilai kurang bertenaga dibanding mesin empat silinder.

"Wacana tersebut terlalu dini, radikal, serta disampaikan kepada banyak pihak tanpa persiapan yang matang benar," kata salah seorang manager pemasaran di China.

Di Indonesia sendiri mesin tiga silinder menjadi pilihan beberapa produsen salah satunya Datsun yang menawarkan mobil dengan harga terjangkau bagi konsumen serta dikenal sebagai kendaraan yang sangat irit bahan bakar.
Baca Juga: Bukan di Jawa, di Kota Inilah Dealer Pertama Ford Hadir Lagi di Indonesia

Tapi secara teknis mesin tiga silinder tentu memiliki beberapa kekurangan yang banyak dikenal para penggunanya diantaranya getaran mesin yang cukup besar.

Dengan tiga silinder, keseimbangan kinerja mesin dalam menghasilkan tenaga juga dinilai tidak rata, karenanya pada tenaga putaran atas minim.

PenulisR24/ibl



Loading...


Loading...