riau24

Bisa Membahayakan Kesehatan, Ini 5 Makanan Yang Tak Boleh Dibekukan Kembali Setelah Cair

Jumat, 07 Februari 2020 | 22:18 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  Beberapa makanan ada yang enggak bisa disimpan di dalam kulkas, seperti semangka, terong, kentang dan roti yang cepat basi. Karena hal tersebut bisa mengurangi nutrisi di dalamnya. Selain makanan yang enggak boleh disimpan di kulkas, ada pula makana yang boleh disimpan di kulkas, namun tidak boleh di masukkan kembali saat Ia sudah mencair. 

Baca Juga: Lima Zodiak Ini Disebut-sebut Memiliki Kekebalan yang Lemah, Diprediksi Gampang Sakit

Mengapa begitu, karena makanan yang sudah melalui proses pembekuan selama dua kali akan rusak sel-selnya Selain itu rasanya tidak akan selezat saat ia belum dicairkan. Mengutip dari Boombastis. com 5 Februari 2020 berikut lima makanan yang tidak boleh dibekukan ulang: 

Olahan pasta yang sangat tidak direkomendasikan

Yang terakhir adalah olahan pasta. Kamu pasti tau bukan, kalau banyak pasta yang menggunakan saus, seperti saus krim ataupun bolognese. saus krim ini mempunyai kandungan susu, yang sangat mudah basi dan bakteri bisa mempercepat pembusukan saat dimasukkan kembali ke freezer. Sedangkan untuk bolognase, kandungan asam yang ada di dalamnya akan meningkat saat dimasukkan kembali ke kulkas. Sehingga, jangan heran kalau memakan pasta ini akan membuat kamu sakit perut.

Es Krim, mubazir sih kalau dibuang tapi…..

Kalau membeli es krim dalam jumlah banyak, pasti paling enak dimasukkan ke dalam freezer dulu kan, agar beku. Ya, akan enak banget kalau dimakan saat ia sedang beku. Namun, saat es krim tersebut sudah mencair, lebih disarankan untuk tak lagi memasukkannya ke dalam kulkas ya. Karena, tekstur es akan menjadi aneh serta muncul serutan enggak halus alias es krim jadi mengkristal. Daripada dikembalikan ke kulkas, lebih baik dijadikan minuman olahan seperti milkshake, lebih enak.

Jus buah yang kembali dimasukkan ke freezer akan rusak kandungan nutrisinya

Melansir Hipwee.com dari laman Foods Guy, karena mengandung gula, jus buah yang dibekukan lagi akan mengalami proses fermentasi yang lebih cepat yang membuat kandungan asamnya meningkat. Oleh karena itu, jus buah yang sudah tersebut enggak bisa diminum oleh sembarang orang, terlebih mereka yang punya asam lambung.

Kualitas kaldu akan menurun saat dikeluarkan dari freezer

Keberadaan kulkas membuat kegiatan memasak tambah mudah. Banyak nih yang membekukan kaldu di dalam kulkas untuk stok waktu yang cukup lama. Nah, untuk urusan kaldu ini, ada baiknya kamu menyimpan kaldu dalam bentuk porsi. Sehingga, kalau nantinya butuh, kamu bisa mengambil secukupnya, tidak perlu mencairkan semua kaldu. Kaldu yang sudah cair dan ingin kamu bekukan lagi tidak akan seenak kaldu yang hanya dibekukan sekali.

Baca Juga: Ditengah Pandemi Virus Corona, Empat Zodiak Ini Rentan Terserang Penyakit Lho...

Daging beku yang sudah mencair

Agar lebih awet dan bertahan lama, daging (sapi, ayam, atau ikan) biasanya akan dibekukan. Tetapi, jangan pernah memasukkan kembali daging beku yang sudah kamu cairkan ke kulkas ya. Lebih baik, ambil seperlunya dulu, sehingga tidak perlu membekukan kembali daging yang sudah cair. Menurut HuffPost, daging yang dibekukan lagi setelah dicairkan bisa membuat daging kehilangan sel seratnya, juga lebih berisiko terpapar bakteri yang membuatnya jadi cepat bau dan berubah warna.

 

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...