riau24

Ini 5 Ciri Ban Sepeda Motor yang Tak Layak Dipakai dan Wajib Diganti

Senin, 10 Februari 2020 | 05:41 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Ban sepeda motor merupakan salah satu komponen yang penting bagi pengendara, sebab ban langsung menempel ke aspal. Kondisi ban yang tak layak tentu saja dapat membahayakan keselamatan penggunanya. Ban yang berbahan dasar karet sangat rentan dengan cuaca hingga keausan setelah dipakai ribuan kilometer.

Dilansir dari Tempo.co, Ahad, 9 Februari 2020, tak hanya berkaitan penggunaan, ban dapat rusak karena penempatan yang salah dan perawatan tidak benar. Sehingga ada sejumlah ciri ban sudah tidak layak digunakan.

Mengutip dari akun instagram @Suzukiindonesia, berikut ini menyebutkan ada lima tanda-tanda ban sudah tidak layak pakai.
Baca Juga: Dua Mobil MPV Luxury Toyota Dilengkapi Fitur Keselamatan Standar Tertinggi, Apa Saja?

1. Goyang saat berbelok
Ban yang goyang saat belok dapat membahayakan pengendara. Kenapa membahayakan? Itu karena motor akan sulit dikontrol dan dikendalikan. Posisi motor tidak akan terlalu presisi sehingga ada kemungkinan menyelonong ke jalur yang salah.

2. Terlalu membal
Kondisi ini akan mengganggu kenyamanan berkendara. Selama ini, ban tidak hanya sebagai media laju kendaraan tapi juga ikut membantu kinerja suspensi ketika melewati jalan tidak rata maupun jalanan yang rusak.

3. Ada benjolan di permukaan ban
Benjolan pada ban artinya kondisi karet sudah tidak baik. Bentolan terjadi karena usia ban tapi juga terjadi saat proses tambal ban. Benjolan ini ada yang ukurannya kecil dan ada juga ukuran yang besar. Tentunya, benjolan ini bisa mempengaruhi kendali motor hingga soal kenyamanan.
Baca Juga: Ini Dampak Fatal jika Habis Makan Langsung Nyetir Mobil

4. Alur kembang sudah menipis
Alur kembang yang menipis akan sangat berbahaya ketika hujan tiba atau sering melewati genangan air. Ban akan hilang kendali karena air tidak bisa dibuang. Sehingga seolah-olah ban berada di atas es yang sulit dikendalikan.

5. Sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI)
Terakhir posisi sejajar dengan TWI artinya karet ban sudah tipis. Ban akan memiliki kerentanan meletus karena ban tidak mampu menahan tekanan dengan karet ban yang tipis. Tak hanya meledak, ban juga rentan sobek.

PenulisR24/ibl



Loading...


Loading...