riau24

Gara-gara Dikejar Badai, Pesawat Ini Malah Cetak Rekor Penerbangan Tercepat

Senin, 10 Februari 2020 | 09:17 WIB
British Airways British Airways

RIAU24.COM -  Dalam dunia penerbangan, badai adalah salah satu gejala alam yang paling tidak dikehendaki. Pasalnya, tentu saja bisa mengganggu terbangnya pesawat. Sehingga, sebisa mungkin setiap pilot akan berupaya menjauhkan pesawatnya dari badai.

Namun apa yang terjadi pesawat British Airways ini, malah lain dari yang lain. Awalnya, pesawat itu terpaksa harus 'tunggang langgang' karena dikejar Badai Ciara. Namun buntutnya, pesawat itu malah mencetak rekor baru dalam hal penerbangan tercepat. 

Baca Juga: Dituding Lakukan Diskriminasi Terhadap Warga Palestina, Amazon Dapat Kritikan Organisasi HAM Dunia

Untuk diketahui, Badai Ciara termasuk yang paling dikhawatiran dunia penerbangan saat ini. Apalagi kondisi yang terjadi sekarang, adalah yang terburuk sejak 7 tahun terakhir. Bahkan akibat badai ini, ratusan jadwal penerbangan jadi terganggu. 

Dilansir detik, Senin 10 Februari 2020 yang melangsir independent, pesawat Boeing 747 milik maskapai British Airways (BA) itu awalnya berangkat dari Bandara John F Kennedy (JFK) di Amerika Serikat pada Sabtu (8/9/2020) dan sampai di Bandara Heathrow, Inggris dalam waktu 4 jam 56 menit. Padahal, biasanya waktu perjalanan dari New York ke London adalah selama 6 jam 13 menit.

Pesawat BA tersebut tiba semenit lebih cepat dari penerbangan Virgin Atlantic Airbus A350 yang mendarat di bandara yang sama beberapa saat kemudian. Selain itu, BA juga tiba lebih cepat 3 menit dari pesawat Virgin lainnya.

Nah, kedua maskapai, baik BA maupun Virgin akhirnya sama-sama memecahkan rekor penerbangan tercepat, yang sebelumnya dipegang maskapai Norwegia pada Januari tahun 2018 lalu. Ketika itu, maskapai tersebut mencatatkan waktu 5 jam 13 menit.

Dari hasil pelacakan Flightradar24, penerbangan BA mencapai kecepatan puncaknya yaitu 825mph saat terbang di tepi timur Newfoundland pada ketinggian sekitar 35 ribu kaki.

Baca Juga: Tentara Houthi Tembak Jatuh Pesawat Perang Koalisi Arab Saudi di Yaman

"Kami selalu memprioritaskan keselamatan daripada catatan kecepatan, tetapi pilot kami yang sangat terlatih memanfaatkan sebagian besar kondisi untuk membuat penumpang sampai di London jauh sebelum waktu yang seharusnya," ungkap juru bicara BA.

Badai Ciara yang terjadi pada awal tahun ini merupakan yang terburuk dalam 7 tahun terakhir. Badai ini menyebabkan penurunan drastis dalam layanan perjalanan. Maskapai BA sendiri telah membatalkan setidaknya 140 penerbangan dari dan ke Heatrow, termasuk 9 perjalanan jarak jauh.

Kendati mencetak rekor, sejauh ini belum ada yang mampu melewati rekor yang dicetak maskapai legendaris, Concorde. Maskapai itu pernah menempuh perjalanan dari New York ke London dalam waktu 2 jam 53 menit. Peristiwa itu terjadi pada 7 Februari 1996 silam. ***
 

PenulisR24/wan



Loading...


Loading...