riau24

Roy Suryo Ungkap Ada Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Fadli Zon: Ada Unsur Kesengajaan?

Senin, 10 Februari 2020 | 11:57 WIB
Tugu di tepi jalan tol Madiun yang disebut-sebut mirip palu arit yang merupakan lambang partai komunis. Foto: int Tugu di tepi jalan tol Madiun yang disebut-sebut mirip palu arit yang merupakan lambang partai komunis. Foto: int

RIAU24.COM -  Politikus Partai Demokrat Roy Suryo menyoroti tugu mirip simbol Partai Komunis Indonesia (PKI), yang berada di pinggir Jalan Tol Madiun. Menurutnya, tugu tersebut sangat mirip dengan gambar palu arit, yang merupakan lambang partai terlarang tersebut. 

Menurutnya, banyak masyarakat di daerah itu yang ingin agar tugu itu dibongkar. Alasannya karena mengingatkan pada peristiwa masa lalu di tahun 1948. Seperti diketahui, pada tahun itu, Madiun merupakan pusat pemberontakan PKI yang dipimpin Muso. 

Baca Juga: Kuasa Hukum Sebut Petinggi Sunda Emipire Ngaku Pernah Jadi Kader PDIP dan Nyalon Bupati Brebes

Aksi pemberontakan Muso tersebut menyisakan cerita kelam dalam sejarah perjalanan Indonesia. Ribuan nyawa melayang hingga akhirnya pemberontakan itu berhasil diberantas. 

"Tweeps, patung yang terletak di pinggir Jalan Tol Madiun ini lagi kontroversi, banyak pihak yang menginginkan patung ini dibongkar karena mengingatkan trauma masa lalu di daerah tersebut sekitar tahun 1948 silam. Bagaimana pendapat anda? Benarkah patung ini mirip-mirip simbol-simbol tertentu?" tulis Roy melalui akun Twitter resminya, @KRMTRoySuryo2, yang dilansir viva, Senin 10 Februari 2020.

Baca Juga: Tiba-tiba Anya Geraldine Pakai Baju SMA, Netizen: Kok Makin Imut

Cuitan Roy Suryo itu lantas ditanggapi politikus Partai Gerindra, Fadli Zon. 

Menurutnya, tugu tersebut memang terkesan mirip palu arit, yang tak lain adalah lambang Partai Komunis. 
"Kesan “Palu Arit” tak bisa dinafikan. Apakah ada kesengajaan?" ujarnya.

Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari pemerintah Madiun atau pihak berwenang atas patung tersebut. ***

PenulisR24/wan



Loading...


Loading...