riau24

7 Hal yang Harus Jika Anda Ingin Memiliki Gigi yang Sehat dan Kuat

Senin, 10 Februari 2020 | 14:43 WIB
7 Hal yang Harus Jika Anda Memiliki Gigi yang Sehat 7 Hal yang Harus Jika Anda Memiliki Gigi yang Sehat

RIAU24.COM -   Enamel gigi adalah zat terkuat di tubuh kita. Namun meski kuat, gigi kita masih bisa aus. Jadi karena semua gigi bayi Anda telah rontok, Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membuka sesuatu dengan gigi Anda atau untuk terus mengunyah sekantong besar keripik lezat!

Riau24.com telah menemukan beberapa hal yang banyak dari kita lakukan sering kali tidak menyadari bahwa mereka dapat mempengaruhi gigi kita dengan cara yang berbahaya.

1. Mengkonsumsi banyak produk gelap
Minuman seperti kopi, anggur merah, dan teh hitam mengandung bahan yang disebut tanin. Mereka membuat senyawa warna menempel di gigi Anda dan, oleh karena itu, dapat menyebabkan menguning. Makanan seperti beri (blackberry, blueberry, dan ceri), tomat, es loli, dan permen juga bisa menyebabkan pewarnaan.

2. Menyikat dengan cara yang salah atau terlalu cepat

  • Jangan menyikat gigi terlalu keras. Itu dapat merusak gigi dan gusi Anda dan menyebabkan sensitivitas gigi.
  • Ke kiri ke kanan tidak cukup. Inilah cara yang benar: Mulai dari permen karet, dan naik turun dalam gerakan melingkar, atas dan bawah. Lakukan selama kurang lebih 2 menit dan pastikan Anda juga mendapatkan tempat yang sulit dijangkau.
  • Jangan menyikat gigi segera setelah makan. Makanan yang mengandung asam bisa melemahkan enamel Anda, jadi menyikat gigi bisa merusaknya dan membuat asamnya masuk lebih dalam ke gigi.
  • Jangan berkumur setelah menyikat gigi, karena menyapu fluoride yang melindungi gigi Anda.
  • Jangan menggunakan satu sikat gigi terlalu lama. Ubahlah setidaknya setiap 3 hingga 4 bulan, jika tidak maka akan kurang efektif setelah bulunya rusak.

3. Menggunakan gigi Anda untuk merobek dan membuka sesuatu
Menggunakan gigi Anda sebagai alat untuk membuka botol bir atau memotong label pakaian mungkin nyaman. Tapi itu jelas tidak baik untuk gigi Anda, karena mungkin akan patah dan menyebabkan mereka retak.

Baca Juga: Kasihan, Mahasiswi Cantik Ini Meninggal Karena Flu Setelah Tim Penyelamat Tidak Dapat Menemukan Alamat Rumahnya

4. Memiliki kebiasaan buruk
Menggigit kuku bisa merusak gusi dan menyebabkan gigi Anda terkelupas dan bergeser. Mengunyah benda-benda lain yang tidak bisa dimakan, seperti pensil dan pena, juga bisa memiliki efek yang sama.
Grinding dapat menyebabkan patah tulang, masalah pada rahang Anda, dan bahkan mengubah penampilan wajah Anda.

5. Flossing yang salah
Flossing dapat membantu menghilangkan potongan makanan dan plak, mencegah penyakit gusi. Namun, beberapa orang salah benang, mendorong plak di bawah gusi mereka. Kesalahan lain adalah flossing dengan gerakan menggergaji, yang dapat merusak gusi.

6. Terus menerus mengkonsumsi camilan
Jika Anda sering makan makanan ringan, asam dalam makanan memiliki lebih banyak waktu untuk bersentuhan dengan gigi Anda dan merusaknya, menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga: Tak Nyangka, Ternyata Ada Interior Mobil yang Kotornya Melebihi Toilet!

7. Memutihkan gigi Anda secara tidak benar atau terlalu sering
Cara paling aman untuk memutihkan gigi adalah pergi ke dokter gigi yang berkualifikasi. Jika Anda memutuskan untuk membeli produk pemutihan dan melakukan prosedur sendiri, pastikan Anda tahu cara melakukannya dengan benar. Kalau tidak, sensitivitas gigi Anda akan meningkat dan Anda bahkan mungkin membakar gusi Anda. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki masalah gigi, seperti kerusakan gigi atau penyakit gusi.

Apakah Anda melakukan hal-hal ini yang dapat merusak gigi Anda? Apakah Anda ingin mengubah beberapa kebiasaan Anda? Kami senang mendengar pendapat Anda di komentar!

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...


Loading...