riau24

Pakai Lambang Bintang Kejora, Anggota Parlemen Australia Ini Sukses Bikin Jokowi Canggung dan Tertunduk

Selasa, 11 Februari 2020 | 12:06 WIB
Pakai Lambang Bintang Kejora, Anggota Parlemen Australia Ini Sukses Bikin Jokowi Canggung dan Tertunduk Pakai Lambang Bintang Kejora, Anggota Parlemen Australia Ini Sukses Bikin Jokowi Canggung dan Tertunduk

RIAU24.COM -  Anggota parlemen Australia Adam Bandt berhasil membuat Presiden Joko Widodo kikuk saat berjabat tangan dengan dirinya. Bagaimana tidak,  Adam sengaja mengenakan lencana Bintang Kejora saat bertemu Jokowi. 

Momen tersebut dibagikan oleh jurnalis The Sydney Morning Herald @jamesmassola melalui akun Twitter miliknya. Ia menyebut Jokowi tampak canggung saat berjabat tangan dengan Adam.

Baca Juga: Pelaksanaan SKD CPNS Hari Pertama Sedang Berlangsung, Ratusan Peserta Ujian Sesaki SKA Co Ex

"Canggung. @jokowi berjabat tangan dengan anggota parlemen Greens Adam Bandt yang mengenakan lencana Bintang Kejora di kerah jasnya," tulis James seperti dikutip dari Suara.com, Selasa (11/2/2020).

Dalam foto yang diunggah, tampak Adam Bandt menatap wajah Jokowi dengan penuh percaya diri seolah mengintimidasi sang presiden.   Sementara Jokowi terlihat sedikit menundukkan kepala saat menjabat tangannya.

Bintang Kejora sendiri merupakan sebutan untuk bendera Papua yang menginginkan bebas dari Indonesia. Gerakan tersebut terlarang di Indonesia. 

Baca Juga: Pelaksanaan SKD CPNS Hari Pertama Sedang Berlangsung, Ratusan Peserta Ujian Sesaki SKA Co Ex

Adam Bandt selaku Ketua Australian Greens merupakan salah satu tokoh Australia yang mendukung gerakan tersebut.

Cuitan James Massola ini sontak menjadi sorotan tajam warganet. Banyak warganet asal Indonesia yang mengecam sikap Adam Bandt yang telah lancang mengenakan lencana Bintang Kejora.

Tak sedikit pula warganet yang membela Jokowi dan menyebut situasi tersebut tidaklah canggung seperti diungkap oleh James Massola. Ada pula yang balik menyerang Australia dengan mempertanyakan nasib Suku Aborigin di Australia.

"Bukan awkward tapi orang Jawa Tengah memang kerap membungkuk meski maksudnya menentang. Mengangguk dan tersenyum tapi konotasinya negatif. Read between the lines," kata @_butet_harahap.

"Bagaimana dengan Aborigin? Lihat dirimu sendiri," ujar @herie_kribo.****

 
PenulisR24/saut



Loading...


Loading...