riau24

Pakar Virus Memperingatkan 60 Persen Dunia Akan Terinfeksi Virus Corona Karena Hal Ini

Rabu, 12 Februari 2020 | 11:08 WIB
Pakar Virus Memperingatkan 60 Persen Dunia Akan Terinfeksi Virus Corona Karena Hal Ini Pakar Virus Memperingatkan 60 Persen Dunia Akan Terinfeksi Virus Corona Karena Hal Ini

RIAU24.COM -  Kita tahu coronavirus novel Wuhan, yang sekarang oleh Organisasi Kesehatan Dunia dinamakan COVID-19, sangat menular. Tapi seberapa menularnyakah virus Corona? Nah, dalam sebuah laporan oleh The Guardian, hal-hal mungkin berubah menjadi lebih ganas daripada yang kita pikirkan sebelumnya, sesuatu yang WHO juga setuju ketika mereka mengatakan bahwa apa yang kita lihat sekarang hanyalah 'puncak gunung es', seperti laporan yang ditulis oleh New York Magazine.

Berbicara kepada salah satu ahli epidemiologi top Hong Kong (bidang studi yang melibatkan penyebaran penyakit) Prof Gabriel Leung, yang adalah Ketua Kedokteran Kesehatan Masyarakat di Universitas Hong Kong, mengatakan kepada The Guardian bahwa masalah terbesar yang harus dihadapi otoritas kesehatan masyarakat adalah mencari tahu langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bahwa virus tersebut bisa dibendung.

Sampai saat ini, sebagian besar ahli sepakat bahwa pasien yang terinfeksi dapat terus menginfeksi rata-rata 2 hingga 5 orang.

Baca Juga: Ketika Ketakutan Terinfeksi dan Tanggung Jawab Menghantui Para Petugas Medis di Cina

Mengingat angka itu, ini berarti bahwa secara global, lebih dari 60% populasi dapat terinfeksi virus corona baru, jika langkah-langkah yang tepat tidak diambil untuk melindungi masyarakat luas.

Namun, perlu diingat bahwa tingkat kematian virus corona baru telah turun menjadi kurang dari 1%, sementara para peneliti di seluruh dunia berebut untuk mencoba dan mengatasi masalah terbesar yang ada: menemukan vaksin atau kemungkinan obat untuk virus.

“Apakah 60-80% populasi dunia akan terinfeksi? Mungkin tidak. Mungkin virus ini akan melemahkan sifat mematikannya karena tentu tidak membantu jika membunuh semua orang di jalurnya, karena itu akan terbunuh juga,” kata Profesor Leung.

Baca Juga: Peringatan : Menggunakan Masker yang Baru Saja Diproduksi Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan Anda

Dia juga menyarankan negara-negara lain untuk melihat pendekatan China dalam mengatasi penyebaran virus, untuk melihat apakah ada pelajaran untuk dipelajari dan diterapkan di negara mereka masing-masing.

 

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...


Loading...