riau24

Kabar Baik, Tarif Listrik Industri Bakal Didiskon Pemerintah, Ini Aturannya

Kamis, 13 Februari 2020 | 08:43 WIB
Industri sangat bergantung dengan listrik Industri sangat bergantung dengan listrik

RIAU24.COM - JAKRTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) kemarin, Rabu (12/2/2020). Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dalam rapat tersebut telah diputuskan industri bakal mendapatkan diskon tarif listrik.

Baca Juga: Ditanya Soal Buruh Ancam Mogok Karena Tolak Omnibus Law, Menteri Luhut Malah Sebut Hanya Ngomong Saja!

Kebijakan ini diambil berkaitan dengan maraknya baja impor. Melalui diskon tarif listrik diharapkan produk dalam negeri lebih kompetitif.

"Ada keputusan dalam ratas, menindaklanjuti permohonan dari kami kepada Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN agar harga listrik untuk industri bisa diberikan semacam diskon," kata Agus di kantornya, Jakarta Selatan, melansir detikcom.

Baca Juga: 36 Kasus Korupsi yang Dihentikan KPK Dilakukan Sejak Dipimpin Firli Bahuri, Libatkan Kepala Daerah Hingga DPR

Dia menjelaskan bahwa Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri BUMN Erick Thohir sudah sepakat untuk memberikan diskon.

"Kita sudah ketemu bertiga, saya, Menteri ESDM dan Menteri BUMN. Sudah saya sampaikan dari kami untuk melakukan itu, dan bukan hanya kedua menteri sepakat, tapi memang sudah diputuskan oleh Presiden," jelasnya.

Namun tidak semua industri mendapatkan diskon. Agus menjelaskan itu diberikan untuk industri yang beroperasi 24 jam dan diskon diberikan di waktu tertentu yang kemungkinan mulai pukul 10 malam hingga 5 atau 6 pagi.

"Sebetulnya industri tidak minta berlebihan kok. Jadi diskon diberikan untuk industri yang beroperasi 24 jam, diberikan diskon hanya jam tertentu, 10 malam sampai 5 pagi," jelasnya. ***

PenulisR24/put



Loading...


Terpopuler

Loading...