riau24

Warga China Dikabarkan Positif Terjangkit Virus Corona Usai Kunjungi Bali, Begini Respon Kemenkes

Kamis, 13 Februari 2020 | 12:24 WIB
Wisatawan asal China di Bali (ilustrasi). Foto: int Wisatawan asal China di Bali (ilustrasi). Foto: int

RIAU24.COM -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akhirnya memberikan pernyataan, terkait kabar yang menyebutkan adanya warga China, yang terjangkit virus Corona. Yang membuat kabar itu akhirnya jadi viral, karena warga China itu terjangkit setelah sempat berkunjung ke Bali.  

Merespon kabar itu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Anung Sugihantono, mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum mendapat konfirmasi dari The National IHR Focal Points (NFP) China terkait persoalan ini. 

Baca Juga: Soal Video Lucinta Luna Meraung-raung Minta Obat Penenang, Pakar Ekspresi Sebut Itu Cuma Drama

"Secara formal NFP IHR China belum menotifikasi," terangnya, Rabu (12/2/2020) dilansir kompas. 

Lebih lanjut, ia menerangkan, terkait orang yang suspect atau hanya terduga terinfeksi virus Corona atau yang kini diberi nama Covid-19, dengan faktor risiko perjalanan dari dan ke Wuhan, akan ada komunikasi atau laporan antar-negara. 

"Kalau benar yang memberitahu antar-negara adalah NFP IHR-nya, bukan media," tegasnya. 

Hingga Kamis ini, diketahui tidak ada pasien, baik itu warga negara asing dan warga negara Indonesia, yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia. 

"Di Indonesia enggak ada pasien Covid-19," ujarnya lagi.

Baca Juga: Babat Habis Rambut dan Jenggot, Abu Janda Malah Disebut Mirip Tokoh Ini

Sebelumnya, seorang warga negara China yang dikabarkan telah dinyatakan positif mengidap virus corona Wuhan settelah mengunjungi Bali akhir bulan lalu. Dilansir dari Jakarta Post, Rabu (12/2/2020); informasi itu disebut berasal dari otoritas provinsi Anhui, China dan dimuat dalam unggahan resmi administrasi Anhui di Weibo.

Unggahan tersebut menuturkan bahwa Pusat Pengendalian Penyakit Huainan melaporkan mengenai seorang pasien bernama Jin yang ditemukan telah terinfeksi virus corona pada hari Rabu (5/2/2020). Jin disebut telah terbang menggunakan Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari 2020, berlibur selama hampir seminggu di Bali, dan kembali ke Shanghai pada 28 Januari 2020.  ***

PenulisR24/wan



Loading...


Terpopuler

Loading...