riau24

NASA: Asteroid Besar Datang Mendekati Bumi Hari Ini

Sabtu, 15 Februari 2020 | 08:12 WIB
NASA: Asteroid Besar Datang Mendekati Bumi Hari Ini NASA: Asteroid Besar Datang Mendekati Bumi Hari Ini

RIAU24.COM -   NASA telah mengumumkan bahwa asteroid raksasa yang dapat menyebabkan kehancuran seluruh planet akan meluncur mendekati Bumi dengan kecepatan 34.000 km per jam hari ini, 15 Februari 2020 sekitar pukul 06:05 pagi.

Untungnya, Bumi berada di luar jangkauan asteroid selebar satu kilometer, yang secara resmi disebut sebagai PZ39 2002, sebagaimana dilaporkan The Denver Post. Asteroid yang berpotensi berbahaya dikatakan lebih besar dari bangunan tertinggi di dunia dan akan menjadi yang terdekat dengan Bumi di pagi hari ketika melayang 3,6 juta mil jauhnya.

Baca Juga: 29 Februari Nanti, Vivo Bakal Luncurkan Z6 56 Dengan Tiga Pilihan Warna

"Ini jelas merupakan objek yang perlu kita awasi," kata ahli astrofisika, Jonathan McDowell, dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian. Jika asteroid sebesar ini menghantam Bumi, itu bisa menjadi ancaman eksistensial dalam jangka panjang bagi spesies kita.

"Itu bisa membuat kawah besar di Bumi dan melemparkan sejumlah besar bahan bumi ke atmosfer. Itu bisa membakar sebagian besar benua ... Itu akan memusnahkan semua kehidupan selama ribuan mil di sekitarnya, dan kemudian mengetuk konsekuensi bagi lingkungan selama beberapa dekade. ”

Baca Juga: Larry Tesler, Ilmuwan Komputer di Balik Penemu Cut-copy-paste Meninggal Dunia

Sementara direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA, Paul Chodas, meyakinkan publik bahwa "tidak ada bahaya" untuk saat ini.  "Mungkin itu tidak cukup untuk mengirim kita punah, tetapi itu akan membuat dunia yang sangat berbeda," kata McDowell.

 

 

 

R24/DEV

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...


Loading...