riau24

Megawati Ajarkan Jokowi dan Mahasiswa Cara Melakukan Salam Pancasila, Begini Gerakannya

Minggu, 23 Februari 2020 | 06:15 WIB
Megawati peragakan salam Pancasila Megawati peragakan salam Pancasila

RIAU24.COM -  JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Megawati  Soekarnoputri mulai mengajarkan cara melakukan Salam Pancasila. Salam yang diperagakan tersebut, kata Mega, pernah diajarkan proklamator Ir Soekarno.

Hal itu dilakukannya di depan 503 mahasiswa perwakilan dari seluruh Indonesia yang sedang mengikuti program Penguatan Pendidikan Pancasila yang digelar oleh UKP-PIP di halaman Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/8/2017).

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Ratusan Bus Melintas di Jalur Lintas Sumatera, Ternyata Riau Salah Satu Daerah Tujuannya

"Saya pikir kita akan ada di dalam ruangan sehingga nanti bisa divisualisasikan. Tapi karena kita di kebun, tidak apa-apa juga ya. Salam Pancasila yang sebenarnya, begini," ujar Megawati sambil memperagakan gerakan.

Tangan kanan Mega serupa posisi hormat. Namun, ujung jari tidak menempel di dahi, melainkan berjarak sejengkal dari dahi bagian kanan. Gerakannya pun mesti sedikit menghentak.

Megawati kemudian berteriak, "Salam Pancasila". Serentak, para mahasiswa melakukan persis yang diperagakan Megawati. "Salam Pancasila", seru mereka kompak. Presiden Joko Widodo yang juga hadir dan memberikan pidato usai Megawati juga memperagakan hal yang sama.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, Ratusan Bus Melintas di Jalur Lintas Sumatera, Ternyata Riau Salah Satu Daerah Tujuannya

Ketua Umum PDIP ini melanjutkan, sebenarnya ada dokumen otentik yang menunjukkan salam tersebut diciptakan oleh Bung Karno. "Beliau (Bung Karno) berkeinginan setiap warga negara secara fisik itu memberikan salam hormatnya satu sama lain dengan cara salam Pancasila itu," terang Megawati seperti dilansir Kompas. 

Namun, Megawati tidak mengetahui di mana keberadaan dokumen itu saat ini.

Acara Penguatan Pendidikan Pancasila yang digelar oleh UKP-PIP berlangsung sejak Jumat (11/8/2017) kemarin dan berakhir Minggu (13/8/2017) besok. Para mahasiswa diberikan pemahaman tentang penghayatan nilai Pancasila oleh sejumlah pemateri.***

 
PenulisR24/saut



Loading...

Terpopuler

Loading...