riau24

Lewat Bantuan Usaha, Bupati Alfedri Berharap Ekonomi Warga Meningkat

Selasa, 25 Februari 2020 | 14:59 WIB
Bupati Siak H Alfedri (foto/lin) Bupati Siak H Alfedri (foto/lin)

RIAU24.COM - SIAK- Puluhan Warga Merempan Hilir berkumpul di Balai Desa, Kantor Penghulu kampung Merempan Hilir, kecamatan Mempura. Kehadiran mereka mendengarkan paparan yang di sampaikan Bupati Siak H Alfedri terkait penyaluran bantuan Program BAZnas kabupaten Siak.

Baca Juga: Miris, 22 Petugas Kebersihan DPRD Siak Diberhentikan Tanpa Uang Sagu Hati



"Hari Ini kami secara langsung mendengarkan apa yang menjadi usulan masyarakat Merempan Hilir. Bincang-bincang ini terkait meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lewat bantuan yang dananya bersumber dari BAZnas Siak," ujar Bupati Siak Alfedri, pada acara Audiensi Langsung Bupati Siak dengan Masyarakat Kurang Mampu Kampung Merempan Hilir terhadap Program BAZ Kabupaten Siak.

Lanjutnya, tatap muka langsung ini, baru dua kampung di mulai setelah minggu kemarin di lakukan di kampung Buantan Besar kecamatan Siak, dan sekarang di Merempan Hilir. Diharapkan warga membuat usulan harus cocok dengan karakteristik tanah di sini, itu pun jika jenis bantuan usah pertanian.

Baca Juga: Bupati Siak Apresiasi Peran Polri dan Forkompimda Cegah Virus Corona

"Ada yang mengusulkan modal usaha tanam ubi racun, ini sangat saya dukung, karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Di banding sawit, Kalau sawit kita stop dulu. Atau usaha lain seperti jagung, cabe dan bawang ini juga di butuhkan di pasar," terangnya. 

Dirinya berharap, Melalui tatap muka langsung  turun kedesa, akan di temui warga miskin atau lansia yang belum masuk ke dalam data terpada penerima bantuan Pemerintah seperti program PHK, KIP dan KIS.

"Melalui pertemuan langsung seperti ini, kemiskinan dapat di ketahui dan data yang ada dengan mudah di up date. Saya berharap setiap usulan yang masuk di akomodir kemudian di bahas di tingkat kabupaten, bulan depan kita sudah mulai, namun tidak semua usulan kita bantu, tapi kita lakukan secara bertahap," harapnya.

Dirinya meminta kepada tim semua usulan dibuatkan matrik, mana yang paling prioritas itu yang dibantu, Ia juga berharap bantuan ini bersumber dari dana zakat. Mudah mudaha Allah Ridho dengan usaha ini, dan dana zakat dari daerah ini semakin bertambah.

"Hari ini kita berjumpa bukan terakhir, saya minta tim program ini tolong di kongkritkan, Kalau Bapak ibu hari ini menerima bantuan dana zakat, Besok bapak ibu yang berzakat, untuk bantuan tahun ini akan di bantu 20 unit rumah layak huni dari Kementrian PUPR, semoga Allah Ridho dengan usaha kita," tutup Alfedri.

Dari usulan yang di sampaikan warga jenisnya berpariasi, ada yang meminta rumah layak huni, bantuan alat pertanian, modal usaha, alat nelayan, ternak, modal usah, serta bantuan bagi lansian, Fakir yang tidak memiliki penghasilanku. Untuk Kampung Merempan Hilir warga akan di bantu berjumlah 53 orang.

Pertemuan Itu berlangsung cair, di buka oleh Kepala Bapeda Kabupaten Siak Wan Yunus di dampingi Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak Robiati, Sekcam Mempura, Komisioner BAZnas kabupaten Siak serta di hadiri puluhan masyarakat Merempan Hilir. (R24/Lin)

PenulisR24/lin



Loading...

Terpopuler

Loading...