riau24

Turki Akan Membalas Serangan Irak Setelah Dua Tentaranya Tewas

Kamis, 26 Maret 2020 | 16:16 WIB
Turki Akan Membalas Serangan Irak Setelah Dua Tentaranya Tewas Turki Akan Membalas Serangan Irak Setelah Dua Tentaranya Tewas

RIAU24.COM -  Dua tentara Turki tewas dan dua lainnya cedera setelah serangan mortir oleh pejuang Kurdi di Irak utara, kata Kementerian Pertahanan Turki.

Dalam sebuah pernyataan Rabu malam, kementerian itu mengatakan para pejuang Partai Pekerja Kurdistan (PKK) melakukan "serangan pelecehan" terhadap pasukan Turki. Dikatakan "target yang diidentifikasi di wilayah itu" dipukul dan dihancurkan segera sebagai pembalasan.

Kementerian itu juga mengatakan pasukan keamanan Turki "menetralisir" delapan anggota PKK di Irak utara setelah serangan itu.

Baca Juga: Usul Tahanan Dijadikan Uji Coba Obat, Aktris Arab Saudi Ini Dikecam dan Dituduh Tak Manusiawi

Pihak berwenang Turki sering menggunakan kata "dinetralkan" untuk menyiratkan "teroris" yang dimaksud menyerah atau ditangkap atau dibunuh.

PKK ditetapkan sebagai organisasi "teroris" oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Sekitar 40.000 orang tewas dalam pertempuran antara pasukan Turki dan PKK.

Turki baru-baru ini memecat delapan walikota yang sedang diselidiki atas tuduhan "terkait terorisme" di Turki timur dan menggantinya dengan pejabat negara, mempertahankan tindakan keras terhadap Partai Demokrat Rakyat pro-Kurdi (HDP).

Baca Juga: Dunia Sibuk Hadapi Virus Corona, Liga Arab Peringatkan Bahwa Israel Terus Perluas Pemukimannya di Palestina

Kedelapan orang itu dituduh sebagai anggota kelompok "teroris". Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemerintahnya menuduh HDP memiliki hubungan dengan kelompok PKK, yang mengarah ke penuntutan ribuan anggota dan beberapa pemimpin.

HDP menolak tautan tersebut.

 

 

 

R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...