riau24

Penderita Positif Corona Terus Bertambah, Dua Rumah Sakit Rujukan Sudah Menolak Pasien

Jumat, 27 Maret 2020 | 09:49 WIB
 RSPI Sulianto Saroso RSPI Sulianto Saroso

RIAU24.COM -  JAKARTA - Jumlah orang terjangkit positif corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Kamis 26 Maret 2020, jumlah komulatif pasien positif COVID-19 sudah mencapai 893 kasus. Data tersebut didapat per pukul 12.00 WIB.

DKI Jakarta masih menjadi daerah dengan jumlah pasien positif terbanyak dengan menyumbang lebih 50 persen jumlah penderita. Bahkan, dua rumah sakit rujukan, yakni RSPI Sulianto Saroso dan RSUP Persahabatan sudah overload.

Baca Juga: Kritik Pembangunan RS Penanganan Corona di Batam, Fadli Zon: Kenapa Nggak Bangun RS di Pulau Reklamasi?

Menurut Jurubicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurinto, Kamis (26/3/2020), akibat membuludaknya pasien corona,  kedua rumah sakit rujukan tersebut akhirnya menolak pasien COVID-19.

Penolakan itu dinilai sebagai hal yang wajar lantaran keterbatasan kapasitas. “Kapasitas penuh bagaimana, masa ditaruh di parkiran?” terang pria yang akrab disapa Yuri. Kendati demikian, pihaknya meminta masyarakat agar tidak panik.

Baca Juga: Tak Disangka, Ratusan Calon Perwira Polisi Ini Dinyatakan Positif Corona, Saat Ini Tengah Diisolasi

Sementara itu, RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran diketahui telah menginapkan sekitar 231 pasien terkait virus corona. Dari sejumlah itu, 20 pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"137 pria dan 94 pasien perempuan," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono melalui pesan singkat, Jumat (27/3).

Seperti diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran memang mampu menampung pasien hingga 3000 jiwa. Dengan rincian 1.700 orang di tower 7 dan 1300 orang di tower 6.

Pemerintah diketahui juga telah bersiaga membuka tower 4 dan tower 5 di Wisma Atlet untuk perawatan jika lonjakan pasien semakin meningkat. ***

PenulisR24/saut



Loading...
Loading...