riau24

Para Ilmuwan Berhasil Menemukan Tes Darah yang Dapat Memeriksa Lebih Dari 50 Jenis Kanker

Selasa, 31 Maret 2020 | 14:32 WIB
Para Ilmuwan Berhasil Menemukan Tes Darah yang Dapat Memeriksa Lebih Dari 50 Jenis Kanker Para Ilmuwan Berhasil Menemukan Tes Darah yang Dapat Memeriksa Lebih Dari 50 Jenis Kanker

RIAU24.COM -  Sebuah tes darah sederhana yang dapat memeriksa lebih dari 50 jenis kanker telah ditemukan kata para ilmuwan. Ini dapat membantu mendiagnosis tumor lebih cepat, sehingga para penderita lebih mudah untuk dirawat dan, idealnya, mendapatkan penyembuhan yang tepat.

Lebih dari 99% hasil positif akurat, kata tim, tetapi penting untuk memastikan tidak ada kasus yang hilang dan memberikan jaminan palsu. Dokter menggunakannya dalam uji coba dengan pasien tetapi studi lebih lanjut diperlukan, kata mereka dalam Annals of Oncology.

Baca Juga: Akan Mekuncur 5 Juni Nanti, ini Spesifikasi Oppo Reno4

Data percobaan menunjukkan lebih baik dalam mendeteksi penyakit yang lebih lanjut daripada awal kanker, yang dapat membatasi seberapa bermanfaat penyakit itu. Tes mencari perubahan kimia tanda menjadi potongan kode genetik - DNA bebas sel - yang bocor dari tumor ke dalam aliran darah.

Para peneliti, dari Dana-Farber Cancer Institute dan Harvard Medical School, bekerja dengan rekan-rekan Inggris dari The Francis Crick Institute dan University College London, menguji lebih dari 4.000 sampel dari pasien - beberapa dengan dan beberapa tanpa kanker.

Lebih dari 50 jenis kanker, seperti usus, paru-paru dan indung telur, dimasukkan. Dan pada 96% sampel, tes tersebut secara akurat mendeteksi jenis kanker. Penelitian ini didanai oleh Grail, pembuat tes darah.

Salah satu peneliti utama, Prof Geoff Oxnard, mengatakan: "Tes darah ini tampaknya memiliki semua fitur yang diperlukan untuk digunakan pada skala populasi, sebagai tes skrining multi-kanker. Semua orang bertanya kapan tes seperti ini akan siap digunakan. Berdasarkan validasi klinis yang sukses ini pada ribuan pasien, tes ini sebenarnya telah diluncurkan untuk penggunaan terbatas pada uji klinis. Tapi sebelum tes darah ini digunakan secara rutin, kita mungkin perlu melihat hasil dari studi klinis seperti ini untuk lebih memahami kinerja tes. Tentu saja lapangan bergerak cepat dan itu membuat kami berharap bahwa deteksi kanker berbasis darah akan menjadi kenyataan."

Kepala deteksi dini Cancer Research UK Dr David Crosby mengatakan: "Mendeteksi kanker pada tahap awal, ketika mereka kurang agresif dan lebih dapat diobati, memiliki potensi besar untuk menyelamatkan nyawa dan kami sangat membutuhkan inovasi teknologi yang dapat mengubah potensi ini menjadi kenyataan."

Baca Juga: Bakal Dirilis Akhir Tahun Nanti, Begini Spesifikasi Ponsel Lipat Motorola Razr

"Meskipun tes ini masih pada tahap awal pengembangan, hasil awal sangat menggembirakan. Dan jika tes dapat disesuaikan untuk menjadi lebih efisien dalam menangkap kanker pada tahap awal mereka, itu bisa menjadi alat untuk deteksi dini. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan kemampuan tes untuk menangkap kanker dini dan kita masih perlu mengeksplorasi bagaimana itu bisa bekerja dalam skenario skrining kanker nyata." tutupnya.

 

 

 


R24/DEV

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...