riau24

Keterlaluan, Amerika Cegat dan Rampas Masker Yang Dipesan Jerman dari China

Sabtu, 04 April 2020 | 11:52 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM -  Muatan masker respirator yang dipesan oleh Jerman dari China telah dibajak dan dirampas oleh Amerika Serikat (AS) untuk keperluan negara itu, demikian dilaporkan media Jerman, Der Tagesspiegel, Sabtu (4/4).

Otoritas Berlin memesan masker pernapasan kelas FFP2 dan FFP3, yang merupakan masker untuk para tim medis sebagai perlindungan dari penularan infeksi virus corona. Masker itu dibuat oleh perusahaan milik Amerika yang kapasitas pabrikannya berbasis di China.

Baca Juga: Orang Terkaya di Asia Meninggal Dunia, Saham Perusahaannya Langsung Naik Pesat

"Barang-barang tersebut dikatakan telah dicegat oleh Amerika dalam perjalanan dari pabrik ke Jerman dan dibawa ke AS," klaim surat kabar itu, Sabtu (4/4).

Alat pelindung diri saat ini menjadi kebutuhan yang mendesak di tengah wabah Covid-19. Hampir setiap negara membutuhkannya dalam pasokan besar, namun ternyata persediaan kosong seiring dengan bertambahnya angka kasus di tiap negara.

Jerman telah meminta bantuan perusahaan multinasional dan kontak mereka di luar negeri untuk membantu pengadaan peralatan pelindung. "Kementerian kesehatan memesan pengadaan secara langsung, tetapi kami juga berhubungan dengan beberapa perusahaan yang mungkin dapat membantu," kata juru bicara kementerian kesehatan Jerman.

Baca Juga: Perang Dingin Terus Meruncing, Kini Giliran Maskapai AS Tak Boleh Masuk Ke China

AS sepertinya punya cara cepat untuk mengambil jatah masker negara lain. Kejadian seperti itu pernah terjadi sebelumnya, ketika masker yang dipesan Prancis dari China kemudian 'dirampas' oleh AS saat pengiriman tersebut akan dimasukkan ke pesawat.***

PenulisR24/saut



Loading...
Loading...