riau24

Toyota Malah Naikkan Harga Mobil Saat Penjualan Lesu

Rabu, 13 Mei 2020 | 10:41 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Dikarekan adanya pandemi corona atau Covid-19, penjualan disektor otomotif menjadi terdampak. Tapi, meski penjualan mobil lesu, PT Toyota Astra Motor (TAM) justru menaikkan harga mobilnya.

Dilansir dari Detik.com, Rabu, 13 Mei 2020, beberapa mobil Toyota terpantau naik harga. Adapaun selisih harga baru dan harga lamanya bervariasi mulai dari Rp 1 juta.

Baca Juga: Tak Lagi Dijual di Indonesia, Honda Freed Kini Bertampang Lebih Sporty

Harga Toyota Calya misalnya naik Rp 1 juta, Toyota Avanza naik Rp 2 juta, Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush Rp 2,5 juta, serta beberapa mobil Toyota lainnya yang juga naik harga.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi mengatakan jika pihaknya telah menimbang-timbang soal kenaikan harga tersebut. Ada beberapa faktor mengapa harga mobil Toyota naik pada Mei 2020 ini.

"Dalam menetapkan harga, Toyota selalu melihat competitiveness dari harga itu. Kita perhatikan kondisi market gimana, kompetitor gimana," jelasnya, Selasa, 12 Mei 2020.

Baca Juga: Berburu Mobil Sedan Merek Jepang? Ini Rincian Harganya

Biaya produksi juga diperhatikan sebelum menaikkan harga. Begitu juga kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang sempat di atas Rp 15.000 per 1 dolar Amerika Serikat.

"Dan memang beberapa model ini awalnya harusnya naik di bulan April. Tapi kita coba bicara dengan pabrikan (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia/TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor yang memproduksi mobil Toyota-RED) kita coba undur, dan akhirnya kita harus naikkan di bulan Mei," ujarnya lagi.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...