riau24

Ternyata Kebiasaan Buruk Meletakkan Ponsel Dekat Bantal Berbahaya Bagi Kesehatan

Kamis, 28 Mei 2020 | 22:57 WIB
Ternyata Kebiasaan Buruk Meletakkan Ponsel Dekat Bantal Berbahaya Bagi Kesehatan (foto/int) Ternyata Kebiasaan Buruk Meletakkan Ponsel Dekat Bantal Berbahaya Bagi Kesehatan (foto/int)

RIAU24.COM - Keberadaan ponsel kini menjadi sangat penting bagi banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang punya kebiasaan membawa ponsel hingga meletakkannya di dekat kepala atau bantal saat akan beranjak tidur.

Tapi tahukah bahwa meletakkan HP dekat kepala merupakan kebiasaan buruk dan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Dengan Pasangan 3 Zodiak Ini Paling Dramatis saat Marah



Seperti dilansir dari Liputan6, meletakkan ponsel dekat kepala ketika mau tidur harus dihindari. Berikut berbagai bahaya kalau meletakkan ponsel dekat kepala saat tidur

Pertama, otak bisa terganggu kalau meletakkan ponsel dekat kepala saat tidur. Menurut World Health Organization (WHO) menyebut radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia sehingga bisa menyebabkan kanker atau tumor. 

Baca Juga: Studi: Orang Dewasa dan Anak-Anak Percaya Pria Lebih Brilian Daripada Wanita

Kedua membuat sulit tidur. Setiap gadget memancarkan cahaya biru yang ternyata bisa menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin ini berfungsi mengatur tidur. Kalau terkena cahaya biru itu, membuat tubuh berpikir seolah masih siang, makanya sulit tidur.

Ketiga bahaya meletak ponsel dekat bantal atau kepala bisa mengurangi konsentrasi. Biasanya seseorang meletakkan ponsel dekat kepala agar bisa diambil dengan cepat. Tapi penelitian mencatat ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik bisa mempengaruhi kualitas tidur. Dan menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot kamu tidak maksimal, sehingga ketika bangun tidur akan mengalami kurang konsentrasi.

Keempat bahaya meletakkan ponsel dekat kepala yaitu bisa beresiko kebakaran. Sebab meletakkan ponsel di bawah bantal, apalagi ketika mengisi daya baterai harus segera dihindari.

Bukan sedikit berita soal kasus ponsel bisa terbakar dan hangus. Makanya menaruh ponsel di bawah bantal sambil mengisi daya wajib dihindari. Karena ponsel cenderung panas kalau diletakkan di tempat tertutup misal selimut, bantal, yang berisiko menyebabkan kebakaran.

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...