riau24

Umur Anda Bakalan Pendek Kalau Masih Terus Lakukan Kebiasaan Ini, Nomor 7 Banyak Dilakukan Orang

Jumat, 29 Mei 2020 | 11:44 WIB
Kebanyakan duduk bahaya bagi kesehatan Kebanyakan duduk bahaya bagi kesehatan

RIAU24.COM -  Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang tahu batas usia yang dimiliki oleh manusia, namun tidak ada salahnya jika kita selalu menjaga dan menghargai sisa hidup yang kita miliki saat ini.
doktersehat-begadang

Di seluruh dunia, manusia hidup maksimal rata-rata 80 tahun dan 100 tahun. Sehat di usia lanjut, tentu merupakan efek gaya hidup yang dilakukan di saat muda.

Baca Juga: Inilah 4 Jenis Penuaan Menurut Para Ilmuwan

Sayangnya, masih banyak orang yang sering melakukan kebiasaan yang justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tak jarang pula, kebiasaan tersebut juga bisa mempengaruhi usia, yakni memperpendek usia hidup.

Dihimpun dari berbagai sumber, ternyata ada delapan kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan bahkan menyebabkan kematian. Apa saja?

1. Ngemil di Malam Hari

Membuka kulkas mencari makanan di malam hari seringkali dilakukan siapa saja. Kebiasaan buruk itu ternyata bisa memperpendek umur. Sebab, mengonsumsi makanan yang tidak sehat pada tengah malam bisa merusak sistem metabolisme dan menimbulkan sejumlah penyakit.

2. Begadang

Aktivitas pekerjaan yang cukup banyak juga mau tidak mau mengharuskan kita begadang untuk bisa menyelesaikannya. Padahal, tubuh memerlukan waktu sedikitnya 7 hingga 8 jam sehari untuk istirahat. Istirahat sendiri berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang serta menenangkan pikiran. Sehingga, jika Anda kurang tidur akibat begadang, maka akan membuat Anda merasa lelah di siang hari.

Baca Juga: Jika Anda Tidur Lebih Dari 10 Jam Sehari, Mungkin Masalah Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda

Akibat dari rasa lelah tersebut memungkinkan peluang Anda untuk mengalami kecelakaan lebih tinggi di jalanan atau di tempat kerja. Bisa dikatakan bahwa begadang bisa membuat usia Anda lebih pendek. Untuk itu, segera hilangkan kebiasaan buruk begadang dan cobalah untuk tidur minimal 7 hingga 8 jam sehari.

3. Kebanyakan duduk

Tidak banyak bergerak salah satunya karena terlalu banyak duduk bisa memberi dampak negatif pada tubuh, di antaranya risiko sakit jantung dan diabetes tipe 2 meningkat.

"Ya memang ada benarnya. Namun jika banyak duduknya itu diimbangi dengan aktivitas olahraga yang juga banyak atau dengan menjaga dan mengontrol makanan, ya mungkin tidak apa-apa," ujar Prof Dr dr Budhi Setianto, SpJP, FIHA, spesialis jantung dan pembuluh darah RS Harapan Kita.

4. Terlalu Lama Menonton TV atau Melihat Layar Komputer

Kebiasaan menonton televisi (TV) terlalu lama atau menatap layar komputer lebih dari satu jam sehari bisa memperpendek usia. Sebab, kebiasaan itu memengaruhi mata, otak, dan kesehatan akibat radiasi buruk. Oleh karena itu, batasi menonton televisi mulai sekarang, satu jam setiap hari.

5. Kelebihan Konsumsi Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam tentu berbahaya bagi kesehatan. Makanan tinggi garam dan makanan olahan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang lama kelamaan menimbulkan serangan jantung.

6. Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku ternyata bisa menyebabkan penyakit fatal dan mengurangi umur seseorang. Sebab, terdapat sejumlah bakteri di bawah kuku yang bisa masuk ke sistem pencernaan dan menyebabkan penyakit yang biasa dikenal dengan sepsis.

7. Melewatkan Sarapan

Penelitian membuktikan bahwa orang yang tidak sarapan mempunyai kecenderungan untuk memiliki masalah dengan berat badan dibandingkan dengan mereka yang sarapan. Mengapa? Sarapan mempunyai pengaruh yang besar terhadap sistem kerja pencernaan di dalam tubuh. Kalau dari pagi perut kita tidak terisi, saat akhirnya tiba waktu makan di siang hari, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlemak untuk mengenyangkan perut menjadi semakin besar. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu sarapan sebelum memulai aktivitas, ya.

8. Seks Tak Aman

Seks tak aman juga dapat membahayakan nyawa karena berpeluang lebih tinggi untuk terjangkit penyakit menular seksual seperti HIV, hepatitis, dan lain-lain. Maka jangan lupa gunakan kontrasepsi dan pastikan pasangan Anda tidak mengidap penyakit menular seksual.

PenulisR24/saut



Loading...

Terpopuler

Loading...