riau24

Masuk Pasar Kuansing Tak Bisa Sembarangan, Bila Melanggar Akan Dikenakan Sanksi

Jumat, 29 Mei 2020 | 21:28 WIB
Masuk Pasar Kuansing Tak Bisa Sembarangan, Bila Melanggar Akan Dikenakan Sanksi (foto/Zar) Masuk Pasar Kuansing Tak Bisa Sembarangan, Bila Melanggar Akan Dikenakan Sanksi (foto/Zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si menegaskan agar seluruh pasar di Kuansing, untuk dapat menerapkan protokol kesehatan. "Khusus untuk pedagang dari luar, seperti Sumbar, kalau mereka masuk Kuansing wajib mengantongi Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari rumah sakit," ungkap Bupati H. Mursini beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Reses Masa Sidang III Anggota DPRD Riau, Masyarakat Koto Sentajo Sampaikan Aspirasi Pada Komperensi



Dijelaskannya, Jika para pedagang tidak mampu menunjukkan surat keterangan tersebut, maka petugas Poskowas harus tegas dan minta pedagang untuk putar balik. "Kalau tidak bisa swab, minimal hasil Rapid Test," jelasnya.

Bupati juga minta, agar segera membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada tingkat desa dan kelurahan.

Baca Juga: Wabup Kuansing Halim Blusukan Ke Pangean, Ingin Mendengarkan Langsung Persoalan Warganya

Menyikapi hal tersebut, maka Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Kabupaten Kuantan Singingi, langsung mengeluarkan Surat Edaran ke seluruh Kecamatan. "Insya Allah kepada seluruh camat akan kita sampaikan, untuk dapat melakukan pengawasan kepada seluruh pasar di Kecamatannya masing-masing," ungkap Kadis Kopdagrin Kuansing, Drs. Azhar, MM kepada wartawan.

Menurutnya, mulai tanggal 1 Juni 2020, Pemkab Kuansing akan mengeluarkan aturan tegas bagi pedagang yang datang dari luar daerah, dan juga bagi pedagang maupun pembeli yang berasal dari dalam daerah sendiri. " Ini mulai diberlakukan pada hari Minggu (1/6) dan seterusnya, seluruh kawasan pasar yang ada di Kuansing (baik pasar kabupaten, pasar kecamatan maupun pasar desa) diwajibkan menggunakan masker," ujarnya.

Dijelaskannya, Aturan ini dibuat untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19. Ini adalah upaya pemerintah, untuk tetap menjaga rakyatnya dari Covid-19.

Bahkan, Katanya di setiap pintu masuk pasar, nantinya bakal  dipasang spanduk wajib memakai masker. Dan bagi yang tidak mengindahkan aturan tersebut, akan dilarang masuk pasar," tegasnya.

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...