riau24

Sebanyak Rp254 Miliar, Anggaran Penanganan Covid-19, Ini Pesan Ketua DPRD Siak

Jumat, 05 Juni 2020 | 14:15 WIB
Sebanyak Rp254 Miliar, Anggaran Penanganan Covid-19, Ini Pesan Ketua DPRD Siak (foto/int) Sebanyak Rp254 Miliar, Anggaran Penanganan Covid-19, Ini Pesan Ketua DPRD Siak (foto/int)

RIAU24.COM - SIAK- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak H Azmi menegaskan, anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp254 miliar yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak harus benar-benar tepat guna dan tepat sasaran dalam peruntukkannya.

Baca Juga: Stuban Bansos, Komisi II DPRD Kampar Kunker ke Dinas Sosial Kabupaten Siak



“Yang jelas anggaran Covid-19 sebesar Rp254 miliar itu, peruntukannya harus benar-benar tepat guna. Kalau untuk penyedian Sembako harus tepat sasaran bagi penerimanya, kalau untuk belanja APD dan obat-obatan juga harus sesuai dengan tingkat kebutuhannya,” tegas H Azmi.

Disamping itu, lanjut H Azmi, untuk pembelian atau penyediaan barang yang dibutuhkan juga harus benar-benar diperinci secara cermat. Karena anggaran yang digunakan tersebut merupakan uang rakyat yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban.

Baca Juga: Pemkab-Forkopimda Upacara Virtual HUT Bhayangkara Ke-74

“Bilamana dipergunakan untuk pembelian barang, gunakan untuk kebutuhan perbulan saja, nanti kalau mau habis baru dipesan lagi untuk kebutuhan perbulannya, karena mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini bisa cepat sirna dan anggaran tersebut benar-benar efisien,” tutup Azmi.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi II DPRD Siak Sujarwo SM juga mengatakan, dalam hal penanganan Covid-19, Pemkab Siak sudah melakukan penggeseran terhadap anggaran-anggaran yang sebelumnya sudah dialokasikan untuk kegiatan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Siak.

“Kami memintai penjelasan kepada Pemkab Siak terkait anggaran Covid-19 yang merupakan dana refocusing (penggeseran alokasi, red) dari seluruh OPD. Intinya, kita memintai penjelasan bahwa anggaran itu untuk apa-apa saja dan dimana saja,” beber Sujarwo. (Infotorial)

PenulisR24/lin



Loading...
Loading...