riau24

Bupati Minta Diskes dan RSUD Melakukan Tracing, 75 Orang Dilakukan Swab Massal

Kamis, 02 Juli 2020 | 15:26 WIB
Bupati Minta Diskes dan RSUD Melakukan Tracing, 75 Orang Dilakukan Swab Massal (foto/Zar) Bupati Minta Diskes dan RSUD Melakukan Tracing, 75 Orang Dilakukan Swab Massal (foto/Zar)

RIAU24.COM -  KUANSING- Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Teluk Kuantan, untuk melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak dengan ASN berinisial SA (32) yang terkonfirmasi positif Covid-19 nomor 7.

Baca Juga: Lantik Ranting PDI-P Sentajo Raya, Halim Ajak Bersama-sama Menangkan Pilkada



Kemudian didata untuk selanjutnya dilakukan swab massal baik yang bekerja di RSUD Teluk Kuantan, maupun yang ikut kegiatan comunitas sepeda pada hari minggu (28/6) di Lubuk Jambi.

Dan kepada seluruh ASN dan warga yang ikut dalam kegiatan tersebut agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Kuansing Peroleh 310 BSPS, Ini Kata Bupati Mursini

Dikatakan Bupati, bahwa Pemerintah bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covis-19 Kabupaten Kuantan Singingi, tetap bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dengan segenap daya dan upaya, untuk mencegah dan menghentikan penyebaran wabah Covid-19 di daerah kita.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap mematuhi ketentuan Protokol Kesehatan demi keselamatan kita bersama. Tetap jaga kesehatan, selalu cuci tangan, memakai masker jika keluar rumah, tetap jaga jarak dalam berinteraksi, serta senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar wabah ini cepat berlalu," ujarnya.

Dijelaskannya, Menanggapi pemberitaan yang beredar di jaringan sosial media, khususnya terkait dengan adanya beberapa orang pejabat yang melakukan kegiatan bersepeda santai, dan arung jeram tanpa memperhatikan ketentuan protokol kesehatan. Bupati sangat menyesalkan dan beliau sampaikan bahwa kegiatan tersebut, bukanlah kegiatan Pemda tetapi kegiatan pribadi yang tergabung dalam komunitas.

"Dan jikalau ada perilaku dari pejabat tersebut yang kurang baik jangan dicontoh, karena itu tanpa sepengetahuan kita," tuturnya.

Ditambahkannya, Pada saat ini kita juga sedang mengisolasi petugas medis Laboratorium RSUD sebanyak 11 orang di Rumah Dinas Bupati, dan mengisolasi beberapa orang petugas medis kita yang bertugas di ruang isolasi pinere dan vip.

"Penyelenggaran Pelayanan di RSUD Teluk Kuantan, tetap seperti biasa dan tidak ada perubahan," jelasnya.

Sementara Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kuansing, DR Agus Mandar, S.Sos. M.Si menambahkan bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 di instansi pemerintah, maka dalam waktu dekat tim akan melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Bupati, di RSUD dan Dinas Dukcapil," ujarnya.

Untuk seluruh ASN di RSUD, baik yang di manajemen maupun di pelayanan kemarin, hari ini dan besok, dilakukan swab masal. Begitu juga untuk ASN di Sekretariat Daerah, juga akan swab masal yang saat ini sedang menunggu kesiapan dari Dinas Kesehatan.

Hasil tracing kontak pasien komfirmasi SA sebanyak 75 orang dan akan dilakukan pengambilan swab Kamis (2/7) jam 09.00 di PKM Lubuk Jambi," tukasnya.

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...