riau24

Ketua MPR Dorong Kementan Uji Klinis Kalung Anti Corona

Senin, 06 Juli 2020 | 01:58 WIB
Ketua MPR Dorong Kementan Uji Klinis Kalung Anti Corona (foto/int) Ketua MPR Dorong Kementan Uji Klinis Kalung Anti Corona (foto/int)

RIAU24.COM -  JAKARTA- Kementerian Pertanian didorong melakukan uji klinis atas kalung eucalyptus yang diklaim bisa mencegah virus Corona atau Covid-19.

Hal itulah yang diungkapkan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya, Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga: Kasus Petugas Rumah Sakit yang Terjangkit Corona Covid-19 Bertambah Lagi, Kali Ini Giliran RS Bhayangkara Padang, Begini Dampaknya



Bambang menyebutkan, produk inisiatif Kementan ini layak diapresiasi. "Bahkan saya mendorong agar pekerjaan ini dilanjutkan," ujarnya.

"Namun tentang khasiatnya, saya berharap jajaran Kementan bijaksana. Karena sejauh ini baru jajaran Kementan yang membuat klaim tentang khasiat produk obat itu," lanjut dia.

Baca Juga: Istri Jerinx SID Berjanji Tak Akan Meninggalkan, Netizen Bilang Ini

Uji klinis, kata Bamsoet, dilakukan sebagai protokol pengujian obat. Karena, jangan terkesan klaim sepihak saja. "Produk antivirus corona dari Kementan itu sebaiknya mengikuti dulu protokol pengujian atau uji klinis produk baru obat dan herbal. Termasuk pengujian khasiatnya pada manusia," katanya.

Mantan Ketua DPR RI itu menambahkan, kehadiran serta keterlibatan pihak lain dalam uji klinis obat baru sangat diperlukan tidak hanya untuk kepentingan kebenaran tentang khasiat obat itu, melainkan juga untuk memperkuat klaim atas khasiat obat atau herbal produk baru itu.

"Untuk kepentingan uji klinis itu, sangat relevan jika Kementan bersinergi atau bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan serta BPOM. Sebagai obat atau herbal produk baru, tahap pengujiannya pun harus melibatkan pihak lain yang relevan," kata Bamsoet.

PenulisR24/bis



Loading...
Loading...