riau24

Ajaib, Pria Asal Delhi Berusia 106 Tahun Ini Selamat Dari Covid-19 dan Flu Spanyol

Selasa, 07 Juli 2020 | 16:34 WIB
Ajaib, Pria Asal Delhi Berusia 106 Tahun Ini Selamat Dari Covid-19 dan Flu Spanyol Ajaib, Pria Asal Delhi Berusia 106 Tahun Ini Selamat Dari Covid-19 dan Flu Spanyol

RIAU24.COM - Seorang lelaki berusia 100 tahun dari Delhi, yang berusia empat tahun selama Flu Spanyol 1918, selamat dari Covid-19 dan pulih lebih cepat daripada putranya, yang berusia 70-an, di fasilitas khusus coronavirus di sini, kata para dokter. Pasien berusia 106 tahun itu dipulangkan dari Rumah Sakit Khusus Super Rajiv Gandhi (RGSSH) baru-baru ini setelah pulih, di mana istri, putra dan anggota keluarga lainnya juga pulih setelah tertular infeksi virus coronavirus baru, kata mereka.

“Mungkin, dia adalah kasus pertama yang dilaporkan dari Covid-19 di Delhi yang juga mengalami pandemi Flu Spanyol tahun 1918 yang ditakuti seperti Covid-19 juga telah menghancurkan dunia. Dan, dia tidak hanya pulih dari Covid-19, dia pulih lebih cepat dari putranya, yang juga sangat tua, ”seorang dokter senior.

Baca Juga: Lebih Dari 500 Migran Melintasi Selat Inggris ke Inggris Hanya Dalam Waktu Tiga Hari

Flu Spanyol adalah pandemi yang melanda dunia 102 tahun yang lalu, dan mempengaruhi hampir sepertiga populasi global saat itu.

“Pandemi influenza 1918 adalah pandemi paling parah dalam sejarah baru-baru ini. Itu disebabkan oleh virus H1N1 dengan gen asal burung. Meskipun tidak ada konsensus universal mengenai asal mula virus itu, ia menyebar ke seluruh dunia selama 1918-1919, ”menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di AS.

Di AS, pertama kali diidentifikasi dalam personel militer pada musim semi 1918. Diperkirakan sekitar 6.75.000 kematian terjadi di Amerika, katanya.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemi tahun 1918-1919 yang disebut Flu Spanyol sangat mematikan, dan menewaskan sekitar 40 juta orang di seluruh dunia.

Di India, penyakit ini diyakini dibawa oleh tentara yang kembali dari konflik Perang Dunia I.

Kasus-kasus pertama Spanyol Flu dilaporkan di daerah-daerah yang merupakan pelabuhan masuk utama, seperti Mumbai (kemudian Bombay), Kolkata (Kalkuta), Delhi dan Chennai (Madras), di mana sejumlah besar orang kembali dari luar negeri.

Dokter di RGSSH, fasilitas Covid-19 yang berdedikasi kagum melihat pemulihan pasien yang berusia seratus tahun ini dari virus corona baru, meskipun ia sangat rentan terhadap infeksi.

Baca Juga: Sebuah Misi Pencarian Besar-Besaran Dilakukan Untuk Menemukan Remaja yang Hilang di Sebuah Sungai di Skotlandia

"Kami tidak tahu apakah ia terkena Flu Spanyol atau tidak. Kami belum melihat banyak dokumentasi tentang situasi saat itu sejauh menyangkut Delhi, tetapi sangat sedikit rumah sakit di sana pada saat itu. Sungguh menakjubkan, pria berusia 106 tahun ini menunjukkan tekad kuat untuk bertahan hidup, ”kata seorang dokter senior, yang memantau situasinya.

Tetapi, yang lebih menarik adalah bahwa ia pulih lebih cepat daripada putranya, yang berusia 70-an. Jadi, dia hidup melalui Flu Spanyol dan sekarang selamat dari Covid-19, karenanya, dia hidup melalui dua pandemi, katanya.

Selain itu, istrinya dan anggota keluarga lainnya juga telah mengontrak Covid-19, dan keempatnya telah berhasil pulih dan dipulangkan sekitar satu setengah bulan yang lalu, kata dokter itu.

RGSSH telah memperlakukan 1.000 pasien Covid-19 dengan demikian tarifnya, dan pada hari Senin menandai tonggak sejarah dengan acara simbolis di mana Wakil Kepala Menteri Delhi Manish Sisodia dan Menteri Kesehatan Satyendar Jain dijadwalkan untuk berpartisipasi. Delhi mencatat 2.505 kasus virus korona baru pada hari Jumat, menjadikan penghitungan di kota itu menjadi lebih dari 97.000, sementara jumlah kematian akibat penyakit meningkat menjadi 3.004, kata pihak berwenang.

Ibukota nasional, saat ini adalah kota yang paling terpukul di negara ini, dari pandemi. Menurut buletin, 68.256 pasien telah pulih, telah dipulangkan atau bermigrasi sejauh ini.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...