riau24

Pria Singapura Ini Terpaksa Kehilangan Jarinya Karena Dimakan Bakteri Pemakan Daging Saat Membersihkan Udang Mentah

Kamis, 16 Juli 2020 | 09:35 WIB
Pria Singapura Ini Terpaksa Kehilangan Jarinya Karena Dimakan Bakteri Pemakan Daging Saat Membersihkan Udang Mentah Pria Singapura Ini Terpaksa Kehilangan Jarinya Karena Dimakan Bakteri Pemakan Daging Saat Membersihkan Udang Mentah

RIAU24.COM -  Seorang pria Singapura harus memotong sebagian jari telunjuk kanannya setelah terinfeksi oleh bakteri pemakan daging. Ini terjadi ketika dia menusuk jarinya sambil membersihkan udang mentah yang dia beli dari pasar basah.

Dalam sebuah laporan oleh The Straits Times, korban mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya ia ditusuk oleh udang dan ia berpikir bahwa kali ini tidak berbeda.

Namun, jarinya mulai menjadi hitam pada hari berikutnya dan ia mulai mengalami demam ringan. Setelah pergi ke klinik 24 jam di Toa Payoh, ia disuruh pergi ke rumah sakit segera.

Baca Juga: Mengerikan, Gadis 6 Tahun Tersedak Dan Hampir Mati Setelah Masker Wajah Ditemukan Di Dalam Nugget Ayam di McDonald's

Pria itu kemudian harus menjalani operasi pada malam yang sama dan dirawat di rumah sakit selama tujuh hari setelahnya, termasuk dua hari di unit perawatan intensif. Seandainya lelaki itu menunggu satu hari lagi untuk menemui dokter, dia bisa kehilangan seluruh lengannya atau bahkan mati ketika bakteri itu mencapai ketiaknya, menurut dokter yang merawatnya.

Korban kemudian mendesak yang lain untuk berhati-hati saat membersihkan udang mentah atau makanan laut.

Baca Juga: Laporan Mengklaim Jika Ledakan Beirut Memiliki Intensitas 20 Persen Dari Ledakan Bom Atom di Hiroshima

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Vibrio vulnificus adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi karena makan makanan laut mentah atau setengah matang. Infeksi ini juga dapat terjadi melalui luka terbuka jika luka bersentuhan dengan makanan laut mentah atau kurang matang, menetes atau dengan air asin.

“Satu spesies, Vibrio vulnificus, bahkan dapat menyebabkan infeksi luka yang mengancam jiwa. Banyak orang dengan infeksi Vibrio vulnificus memerlukan perawatan intensif atau amputasi anggota tubuh, dan sekitar satu dari lima orang dengan infeksi ini meninggal, kadang-kadang dalam satu atau dua hari menjadi sakit, ”kata CDC.

“Beberapa infeksi Vibrio vulnificus menyebabkan necrotizing fasciitis, infeksi parah yang menyebabkan daging di sekitar luka terbuka mati. Beberapa laporan media menyebut jenis infeksi ini sebagai "bakteri pemakan daging," meskipun fasciitis nekrotikans dapat disebabkan oleh lebih dari satu jenis bakteri. "

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...