riau24

Ada Satu Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Pekanbaru Hari ini, Jubir: Beliau Pemilik Warung...

Kamis, 16 Juli 2020 | 17:43 WIB
dr Mulyadi dr Mulyadi

RIAU24.COM - PEKANBARU - Seorang pemilik warung positif corona di Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Wanita ini tertular warga Sumatera Selatan (Sumsel) yang menginap sementara di Pekanbaru.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi, Kamis (16/7/2020), memaparkan perkembangan kasus terbaru. Kasus orang dalam pemantauan (ODP) bertambah 22 orang hari ini. Sedangkan, pasien dengan pengawasan (PDP) bertambah 6 orang.

Baca Juga: Gelar Aksi Sosial, Dishub Pekanbaru dan IKAHUBDAR Bagi-bagi Masker

"PDP meninggal dunia nihil hari ini. Sedangkan kasus positif corona ada satu orang," katanya.

Pasien positif corona tersebut adalah Nyonya I (36), warga Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya. Pasien ini berkontak erat dengan Tuan R, warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Pasien dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru hari ini.

"Nyonya I membuka warung kecil di rumahnya. Tuan R sering berbelanja di warung tersebut," ungkap Dokter Mulyadi.

Baca Juga: Hemat! 700 Titik PJU Di Pekanbaru Sudah Menggunakan Smart Lighting

Tuan R (26) diumumkan positif corona pada 13 Juli lalu. Pasien merupakan warga Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Pasien akan melamar pekerjaan di salah satu perusahaan di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Sesuai prosedur perusahaan, maka dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien berupa rapid test. Hasilnya reaktif.

Kemudian, pemeriksaan dilanjutkan dengan swab. Hasilnya diumumkan positif corona hari ini. 

Pasien tidak ada keluhan. Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Palembang. Pasien sempat tinggal di mes pekerja di Pekanbaru. 

Dengan begitu, perkembangan kasus sejak 3 Maret lalu di Pekanbaru yaitu total kasus positif 93 orang. Rinciannya, sebanyak 82 orang sudah pulang dan sembuh.

Sebanyak 5 orang masih dirawat. Sedangkan 6 pasien positif corona meninggal dunia.

Sementara itu, total kasus PDP 891 orang. Sebanyak 793 orang sembuh dan pulang. Sebanyak 22 masih dirawat dan 76 meninggal dunia.

"Hasil swab 76 PDP yang meninggal dunia negatif corona," sebut Dokter Mulyadi.

Sementara itu, total kasus ODP 6.651 orang. Rinciannya, 6.578 orang selesai pemantauan dan 73 orang masih dalam pemantauan.

ODP yang telah menjalani pemeriksaan rapid test sebanyak 9.608 orang. Hasilnya, 9.503 non reaktif dan 105 reaktif.

PenulisR24/put



Loading...
Loading...