riau24 Dewan Minta Plt Gubri Keluarkan Intruksi agar Sekolah Diliburkan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Kabut Asap Kian Tebal,

Dewan Minta Plt Gubri Keluarkan Intruksi agar Sekolah Diliburkan

0
Wakil Ketua DPRD, Noviwaldi Jusman
Berita Riau -  Dewan Minta Plt Gubri Keluarkan Intruksi agar Sekolah Diliburkan

Pekanbaru-Riau24.com-Menyikapi kondisi asap yang semakin tebal di Provinsi Riau, semestinya ada ketegasan dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubri Arsyadjuliandi Rahman dengan mengeluarkan instruksi terhadap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) untuk meliburkan sementara anak sekolah.

“Sebab, jika tetap bersekolah, dipastikan bisa berdampak fatal pada kesehatan. Dan, pemerintah diminta dengan cepat mengatasi permasalahan ini,” ungkap Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldi Jusman kepada wartawan Selasa (02/09/205).

Menurutnya, kabut asap yang semakin tebal terjadi  akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau. Karena itu, diminta kepada Plt Gubri agar mengintruksikan kepada Bupati dan Walikota untuk meliburkan sekolah. Terutama sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA.

Dia mengatakan, terkait masalah ini, pihaknya akan sesegera mungkin menelepon Plt Gubri untuk menerbitkan surat atau intruksi tersebut. Karena kabut asap ini akan berdampak fatal bagi kesehatan. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja bisa terkena ISPA.

Politisi Demokrat inipun menyebut bahwa dalam penanggulangan kabut asap ini, hendaknya aparat penegak hukum bertindak secara tegas untuk menjerat pembakar dan otak pelaku sebagai penyebab terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sudah meresahkan ini.

"Selama ini dari legislatif dan eksekutif sudah maksimal dalam menyikapi kondisi kabut asap ini. Tinggal kita meminta pada yudikatif (penegak hukum, red) untuk melakukan tindakan hukum terhadap pelaku dan mencari otak pelaku," ujarnya.

Senada dengan Noviwaldi, anggota DPRD Riau Husni Thamrin juga mengatakan,
Pemerintah Daerah melalui Gubernur diminta untuk mengintruksikan kepada seluruh Kabupaten/Kota agar meliburkan sekolah. Karena kabut asap di beberapa daerah sudah sangat meresahkan.

Lebih jauh politisi Partai Gerindra ini mengatakan, jika tidak segera diambil tindakan, maka dikhawatirkan akan mengancam kesehatan para pelajar yang ada di Provinsi Riau. "Harus ada sikap tegas dari Plt Gubri ini meliburkan anak sekolah," kata Husni,

Namun pada kesempatan itu, Husni menyebut, terkait dengan kondisi kabut asap yang melanda daerah di Provinsi Riau ini, tidak sepenuhnya berasal dari Wilayah Hukum Riau. Tetapi, provinsi tetangga seperti Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan juga ikut menymbang asap. R24/dai
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru