riau24 Distanak Gelar Pelatihan Budi Daya Lele Pola Bioflok | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kebutuhan Ikan Untuk Gerai Pecal Lele Capai 720 Ton Per Tahun

Distanak Gelar Pelatihan Budi Daya Lele Pola Bioflok

2
Salah satu gerai pecal lele di Pekanbaru. Setidaknya, dibutuhkan 720 Ton lele per Tahun
Berita Riau -  Distanak Gelar Pelatihan Budi Daya Lele Pola Bioflok

Pekanbaru-Riau24.com-Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, pada tahun ini akan mengadakan pelatihan pengembangan budidaya ikan lele dengan cara bioflok bagi masyarakat di wilayah Pekanbaru.

"Kami akan datangkan pelatih dari Balai Pengkajian Perikanan Sumatera Utara," ungkap Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, Selasa (01/09/2015).

Menurut El, pola budidaya bioflok ini sangat cocok diterapkan bagi wilayah perkotaan yang terbatas lahannya. Apalagi Pekanbaru semakin maju dan berbenah menjadi kota metropolitan, pengetahuan tentang budidaya ikan dengan sistem bioflok sangat diperlukan untuk meningkatkan ekonomi rakyat.

Peningkatan kebutuhan Pekanbaru terhadap ikan setiap tahunnya akan bisa terpenuhi dengan cara ini. "Budidaya ikan dengan bioflok ini hanya membutuhkan satuan luas yang kecil dan bisa dibuat di pekarangan rumah," ujar El.

Karena itu menurutnya, pemko Pekanbaru mulai melirik upaya ini untuk membantu meningkatkan ekonomi rakyat melalui pelatihan. "Kami akan adakan pelatihan bagi beberapa peternak ikan Pekanbaru tentang budidaya bioflok," tuturnya.

El berharap, dengan semakin diketahuinya teknologi budidaya bioflok di masyarakat, maka produksi ikan lele di wilayah tersebut bisa meningkat lagi. "Ini budidaya yang cocok dikembangkan pada wilayah perkotaan," ujarnya.

Data Distanak mencatat kebutuhan ikan lele bagi gerai pecel lele di wilayah Pekanbaru per harinya mencapai 2 ton. Atau 720 ton pertahunnya.

Jumlah tersebut saat ini baru 51 persen terpenuhi oleh pasokan peternak ikan lokal. Sisanya didatangkan dari Kampar dan Sumbar. Jika potensi ini bisa di penuhi dengan budidaya bioflok bahkan bisa terpenuhi 100 persen. Bahkan bisa untuk dijual keluar kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. "Ada 200 an gerai pecel lele di Pekanbaru pada tahun lalu, tahun ini jumlah terus bertambah. Artinya kebutuhan ikan lele tidak menurun malah makin naik," tandasnya. R24/mrd

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nanang
Selasa, 01 Desember 2015 13:27 wib
berminat ikut, hp 082384279999, email ; nananghjc@gmail.com
Khoirul ihsan
Jumat, 09 Oktober 2015 12:06 wib
Distanak Gelar Pelatihan Budi Daya Lele Pola Bioflok. saya sangat tertarik dengan artikel diatas. saya ingin mengikuti pelatihan tersebut. mohon petunjuk bagaimana agr supaya bisa mengikuti pelatihan tersebut, siapa yg dikontak dibagian perikanan? trims email: andormandeba@gmail.com hp: 081275445009
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru