riau24 Hebat! Alat Temuan Siswa SMK Ini Bikin Panen Lele Hanya Hitungan Menit | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Hebat! Alat Temuan Siswa SMK Ini Bikin Panen Lele Hanya Hitungan Menit

0
Foto: Dok Pribadi
Berita Riau -  Hebat! Alat Temuan Siswa SMK Ini Bikin Panen Lele Hanya Hitungan Menit
Jakarta, Riau24.com - Tiga siswa SMK 54 Jakarta ini membuat inovasi dan terobosan baru untuk para para petani lele. Mereka membuat alat yang membuat panen lele lebih cepat, efektif dan efisien. Dengan alat ini peternak lele tidak perlu waktu lama untuk memanen lele, hanya dalam hitungan menit semua lele di dalam kolam bisa dipanen. Keren kan!

Mereka adalah Ayyin Layyinun, Hasan Nur Rahman dan Iyan Hermanto, ketiganya menemukan 'Alat Pemanen Ikan Lele Berbasis Panel Surya'. Hasil temuan mereka masuk kategori Finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-8 Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ide pembuatan alat ini berawal dari lingkungan rumah Ayyin di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Di sana banyak warga yang usaha ternak lele.

"Di sana cara memanennya masih manual, terus jadi kepikiran gimana caranya biar panennya lebih cepat dan efektif," ucap Ayyin saat berbincang dengan detikcom, Selasa (1/9/2015).

Lalu Ayyin berkonsultasi dengan kakak kelas dan temannya. Mereka berhasil menciptakan alat panen lele yang simple, hemat tenaga dan waktu.

"Sekali panen bisa terangkut semuanya lelenya, jadi nggak kerja dua kali. Kalau yang manual kan harus turun ke kolam disaring pakai jaring dan lama bisa 1-3 hari. Pakai ini panen bisa selesai dalam hitungan menit," ucapnya.

Alat itu terdiri dari panel surya, dinamo, tali dan jaring. Panel surya difungsikan untuk menjadi sumber tenaga listrik yang akan mengalirkannya ke dinamo untuk menggerakan alat panen berupa tali dan jaring. Tali dikatkan di empat sisi jaring yang diletakkan saat lele anakan diletakan di kolam.


Miniatur alat penen lele berbasis panel surya (Foto: dok pribadi)

"Jadi jaringnya ditaruh di kolam di awal-awal. Nanti pas sudah saat panen tinggal diangkat jaringnya dan semua lele yang ada di kolam langsung bisa dipanen dengan sekali angkat," papar Ayyin.

Ayyin menjelaskan kelebihan alat ini dengan panen manual adalah lebih hemat tenaga dan waktu, untuk biaya juga lebih murah. Biaya pembuatan alat ini lengkap dan siap pakai mengabiskan dana Rp 2 juta dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama hingga tahunan. Sementara untuk panen manual para peternak lele menghabiskan uang Rp 350 ribu setiap kali panen untuk biaya alat sedot air dan lainnya.

"Kami pakai panel surya karena lebih hemat energi dan ramah lingkungan," ucap Ayyin.

Alat ini juga sudah diikutkan dalam pameran Karya Ilmiah Remaja (KIR) di tingkat kota hingga ke Samarinda, Kalimantan. Bahkan sudah ada peserta pameran yang tertarik dan langsung membeli alat ciptaan Ayyin dan teman-teman.

"Alat panen ini sekerang lagi proses pembuatan hak paten," ucapnya.

Foto: dok pribadi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru