riau24 Kapal Keruk Milik Pemprov Riau Masih Dipinjam BPLS Sidoarjo | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Digunakan Untuk Tangani Lumpur

Kapal Keruk Milik Pemprov Riau Masih Dipinjam BPLS Sidoarjo

0
Kapal Keruk milik Pemprov Riau saat ini masih berada di Sidoarjo. Perlu ketegasan Pemprov untuk membawa kembali kapal yang dipinjam BPLS tersebut
Berita Riau -  Kapal Keruk Milik Pemprov Riau Masih Dipinjam BPLS Sidoarjo

Pekanbaru-Riau24.com-Hingga kini, kapal keruk milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang saat ini dalam kondisi rusak masih berada di Sidoarja. Ini disebabkan adanya permintaan dari Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) untuk meminjam kembali.

Demikian disampaikan Kepala BPKAD Provinsi Riau dikonfirmasi melalui Kasubbid Adminsitrasi dan Aset, Tengku Brimayudha kepada wartawan, Rabu (02/09/2015). Dikatakannya, kapal keruk bermerek Hamson ini berdasarkan buku penilaian SI ditahun 2004, saat itu harganya Rp150 juta. "Kapal tersebut merupakan hibah dari kementerian PU, untuk Pemprov Riau yang waktu itu ada di Dinas PU. Tapi kini menjadi aset di Dinas Ciptada. Ini, dipinjamkan. ke BPLS mulai ditahun 2008, dan diperpanjang 2009. Berlanjut lagi, tahun 2011 dan di perpanjang lagi tahun 2012," ujarnya.

Tengku Brimayudha yang biasa dipanggil Dodo ini mengatakan, pihak BPKAD Riau. telah melakukan kunjungan ke Sidoarjo di bulan Juni 2015. “Kapal keruk tersebut tak tenggelam, seperti diberitakan media. Tapi, kini kondisinya kapal dalam keadaan rusak,” katanya.

"Jadi tidak benar kapal keruk milik Pemprov Riau dipinjam pakai oleh BPLS itu tenggelam seperti yang diberitakan. Tapi yang jelas, saat ini kondisinya rusak, dan pihak BPLS berjanji untuk memperbaiki dan akan dikembalikan usai lebaran. Tetapi hingga kini belum dikembalikan," katanya.

Namun sambungnya, pihak BPLS malah mengirimkan surat kepada Pemprov Riau, yang isinya minta diperpanjang lagi. Tapi, terkait hal ini, pihak BPLS tersebut bukan domain pihak BKAD Riau memberi jawaban. Karena, yang berhak memberi keputusan yaitu Kepala Daerah Riau.

Untuk diketahui, proses peminjaman  kapal keruk milik Pemprov ini berawal pada saat Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus. Kapal keruk ini dipinjamkan sesuai permintaan pihak BPLS pada Pemprov Riau. Namun, belakangan dikabarkan kapal tersebut tenggelam dalam lumpur Lapindo. R24/dai

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru