riau24 Kehebatan Paspampres Indonesia Diakui Dunia | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kehebatan Paspampres Indonesia Diakui Dunia

0
PASPAMPRES
Berita Riau -  Kehebatan Paspampres Indonesia Diakui Dunia
Kehebatan Paspampres tersebut menjadi salah satu alasan “Kopassus Amerika” ini, untuk melakukan latihan bersama dengan Paspampres.

Riau24.com -“Paspampres Indonesia sangat profesional sekali, mereka punya taktik yang sangat baik dan pengamanan yang baik,” ujar delegasi US Army Special Forces, Major Chris Morgan, di Mako Group C Paspamres, Jl Skip, Lawang Gintung, Bogor, Jawa Barat.


Morgan mengatakan, dia bersama Paspampres pernah melakukan kerjasama ketika Menteri Pertahanan (Menhan) AS, Chuck Hagel, ke Indonesia pada Agustus 2013. 
Morgan mengatakan koordinasi antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam pengamanan kunjungan Menhan AS sangat baik sekali.


“Saya pernah bekerja sama waktu menteri pertahanan saya ke sini dan saya melakukan koordinasi dengan baik, saya sangat menikmati bekerja waktu itu,” ucapnya.

Dikatakan Morgan, Paspampres sangat bertanggung jawab memangku tugasnya. Morgan juga memuji taktik pengamanan yang dilakukan Paspamres dalam pengamanan VVIP.

Paspampres atau kepanjangannya yaitu Pasukan Pengamanan Presiden merupakan pasukan khusus yang terdiri dari prajurit terbaik yang diseleksi dan dilatih khusus guna mengawal dan menjaga keselamatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia termasuk juga anggota keluarga Presiden.

Kemampuan Paspampres Indonesia sudah tidak diragukan lagi, mereka memiliki skill yang mumpuni dan dilengkapi dengan persenjataan khusus sehingga tidak diragukan lagi kualitas atau kehebatan Paspampres saat bertugas mengawal Presiden.

Anggota Paspampres diambil dari beberapa pasukan khusus di Indonesia. Karena memiliki tugas dan tanggung jawab besar yaitu mengamankan presiden, Pasukan ini dipilih dan diseleksi ketat serta dilatih khusus. Paspampres terdiri dari personel terbaik dari sejumlah kesatuan TNI seperti Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus), dan Bravo dari TNI Angkatan Udara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ada beberapa kategori pemilihan dalam pemilihan Paspampres, mulai dari kesehatan, psikologi, kemampuan fisik, kemudian keterampilan menembak, berenang, kemampuan lari, Ilmu bela diri, serta keterampilan mematahkan dan mematikan lawan. Jadi jelas bahwa Paspampres adalah pasukan terbaik TNI. Hal inilah yang membuat Paspampres Indonesia disegani dan membuat ngeri Negara-negara lain.




Unsur-Unsur dan Komposisi Paspampres
Unsur Pimpinan Komandan dan Wakil Komandan.
  1. Unsur Pembantu Pimpinan terdiri dari Inspektorat, Staf Perencanaan, Staf Intelejen , Staf Operasi, Staf Personel dan Staf Logistik.
  2. Unsur pelayanan tediri dari Pekas , Sekretariat dan Detasemen Markas.
  3. Unsur Badan pelaksana terdiri dari Densi, Denkomlek, Denkes, Denpal, Denbekang dan Pusdalops.
  4. Unsur pelaksana terdiri dari :
  • Grup A, berkekuatan 4 detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarganya.
  • Grup B, berkekuatan 4 detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya.
  • Grup C, berkekuatan 2 detasemen melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap tamu negara dan keluarganya, serta 1 detasemen latihan bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres.
  • Batalyon Pengawal dan Protokoler Kenegaraan.
  • Skuadron Kavaleri Panser.
  • Detasemen Musik (Densik).
Tugas Pokok Dan Fungsi Paspampres
Tugas Pokok
Paspampres bertugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya, serta tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Kepresidenan maupun di luar linngkungan Istana Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.


Fungsi

  • Melakukan pengamanan pribadi terhadap VVIP meliputi segala usaha untuk menjamin keselamatan VVIP dari setiap ancaman bahaya langsung.
  • Melakukan pengamanan instalasi yang meliputi pengamanan personel, materi, dan seluruh fasilitas di lingkungan yang digunakan VVIP.
  • Melakukan pengamanan penyelamatan VVIP yang terencana, demi melindungi serta menyelamatkan jiwa VVIP dari ancaman yang kemungkinan terjadi setiap saat.
  • Melakukan pengamanan langsung jarak dekat dalam perjalanan VVIP dari segala bentuk ancaman.
  • Melakukan pengamanan terhadap makanan dan medis VVIP, guna melindungi VVIP dari bahaya yang dapat timbul melalui makanan, minuman, obat-obatan dan benda-benda lainnnya.
  • Menyelenggarakan acara protokoler khusus yang meliputi jajar kehormatan, pasukan upacara dan iringan musik pada upacara-upacara kenegaraan.
R24/viva/Noe

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru