Jumat, 25 April 2014
Pemungutan Suara Pilgubri, Empat September
0
Pemungutan Suara Pilgubri, Empat September
PEKANBARU -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Tengku Edy Sabli mengatakan hari pemungutan suara untuk Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Riau pada tanggal 4 September 2013.

"Kalau sampai terjadi dua putaran maka pemungutan suara selanjutnya dijadwalkan tanggal 30 Oktober," kata Edy Sabli pada peluncuran Tahapan Program dan Jadwal Pilgub Riau di Pekanbaru, Rabu (13/2).

Ia menjelaskan, tahapan yang kini dilakukan KPU adalah pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 12 kabupaten/kota di Riau yang dijadwalkan rampung pada 24 Februari. Kemudian, KPU juga gencar melakukan sosialisasi terhadap aturan pemilu yang dijadwalkan hingga tanggal 8 Agustus nanti.

Untuk data pemilih, ia mengatakan KPU akan mulai melakukan pemutakhiran data daftar pemilih mulai tanggal 9 Maret hingga 29 Agustus. Pelaksanaannya akan dilakukan serentak dari KPU tingkat provinsi hingga PPK dan PPS.

"Bahkan, ketua RT dan RW akan dilibatkan sebagai petugas pemutakhir data pemilih tapi mereka hanya bertugas selama dua bulan saja," katanya.

Proses pemutakhiran data itu diakuinya paling krusial karena itu akan berlangsung dalam beberapa tahapan. Daftar Pemilih Potensial Pemilu akan didata ulang oleh KPU menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan apabila masih ada kekurangan akan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tambahan, sebelum ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Riau.

Kemudian Edy Sabli mengatakan bahwa pencalonan kandidat gubernur dan wakil gubernur baru akan dibuka pada tanggal 31 Maret, sedangkan kampanye untuk calon pasangan gubernur dijadwalkan pada tanggal 18-31 Agustus.

Setelah pemungutan suara, lanjutnya, penetapan atau pengumuman calon gubernur terpilih dijadwalkan berlangsung pada 12-14 November. SSedangkan, pelantikan dan sumpah jabatan Gubernur Riau terpilih untuk periode 2013-2018 akan dilaksanakan pada 20 November.

Untuk kebutuhan dana Pilgub Riau, Edy mengatakan anggaran yang disetujui oleh DPRD Riau dalam APBD 2013 mencapai Rp250 miliar dari usulan KPU Riau sebesar Rp280 miliar. Jumlah itu diyakininya cukup untuk dua putaran, namun apabila kurang akan dianggarkan melalui APBD Perubahan tahun ini.

"Untuk pencairan dana kami masih menunggu dari Pemprov Riau, dan berharap itu tidak terlalu lama," katanya. (Riau24/Bar/Antarariau)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_xkfvl_660.jpg
Orang nomor satu di Provinsi Riau Anas Maamun, sebelum menjabat Gubernur Riau dirinya telah membuat suatu program dan berjanji untuk mensejahtrakan rakyat Riau, bahkan APBD Riau 2014 juga ingin dirubahnya karena Gubernur menilai tidak menyentuh rakyat.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com