Selasa, 29 Juli 2014
BMKG: Sebagian Riau Rawan Banjir
0
(Foto:Riau24/Net)
BMKG: Sebagian Riau Rawan Banjir
PEKANBARU -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian besar wilayah Riau masih berpotensi hujan berintensitas ringan hingga sedang dengan beberapa kawasan rawan banjir.

"Potensi hujan di Riau merata, namun terkonsentrasi pada Riau bagian barat, seperti Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi, serta Riau bagian utara, yakni Kabupaten Rokan Hulu," kata Analis BMKG Pekanbaru Warih Budi Lestari di Pekanbaru, Kamis (21/2).

Ia menjelaskan untuk tiga daerah itu, cenderung juga rawan banjir karena intensitas hujan diperkirakan cukup tinggi.

Sejumlah kawasan di tiga kabupaten itu, khususnya untuk daerah aliran sungai (DAS) dan dataran rendah, kata dia, berpeluang tergenang air, akibat meluapnya sungai yang membentang di daerah setempat.

"Secara umum, memang seluruh kabupaten dan kota di Riau berpeluang hujan. Namun, di luar tiga kabupaten, seperti Kampar, Kuantan Singingi, dan Rokan Hulu, potensi hujannya hanya hujan ringan namun tetap merata," katanya.

Peluang hujan sedang hingga tinggi untuk tiga kabupaten itu, kata dia, diprakirakan akan bertahan hingga dua hari ke depan sehingga masyarakat diimbau tetap waspada banjir.

"Khususnya untuk warga yang tinggal di daratan rendah dan daerah-daerah aliran sungai," katanya.

Hujan deras di Riau sejak beberapa hari terakhir sebelumnya, bahkan hingga saat ini, juga telah menyebabkan sebagian wilayah di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu terendam.

Ribuan warga terpaksa mengungsi ke tenda-tenda darurat, mengingat rumah mereka terendam dengan ketinggian air lebih dari setengah meter.

Banjir di Riau juga telah merenggut tiga nyawa dan menelan kerugian materil hingga mencapai lebih Rp4,9 miliar. (Riau24/Bar/Antarariau)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com