riau24 Alokasi Dana DAK Pelalawan Meningkat Hingga Rp. 80 M Lebih | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Alokasi Dana DAK Pelalawan Meningkat Hingga Rp. 80 M Lebih

0
Asisten II Pemkab Pelalawan, Drs Atmonadi MM
Berita Riau -  Alokasi Dana DAK Pelalawan Meningkat Hingga Rp. 80 M Lebih
Pelalawan-Riau24.com-Pada tahun 2015 alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelalawan meningkat "berlipat-lipat" yakni sebesar Rp. 80 M lebih dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar Rp 13 M.

Informasi ini disampaikan Asisten II Pamkab Pelalawan, Drs Atmonadi MM kepada Riau24.com saat ditemui di ruangkerjanya, Jum’at (4/9) di Pangkalan Kerinci.

Menurut  Atmonadi, pihaknya baru saja melakukan rapat dengan SKPD terkait di ruangkerjanya untuk mengevaluasi realisasi pelaksanaan  Dana DAK tahun ini yang berjumlah Rp 80 M. ”Pada tahun ini, jumlah dana DAK terdapat di Dinas Pendidikan Pelalawan yaitu Untuk pembangunan Sekolah SD Rp 7 M, SMP Rp 4,8 N, dan SMA Rp 3,2 M dan untuk sekolah SMK Rp 3,7 M," kata Atmonadi.

Sedangkan Urutan kedua terbanyak yakni Dinas PU Pelalawan Rp 16 M, Dinas Perikanan dan Keluatan Pelalawan Rp 3,9 M, Disperindagpas Pelalawan Rp 3,3 M dan di sejumlah dinas lainnya.

”Terjadi peningkatan Dana DAK Pelalawan yang dikucurkan Pemerintah pusat tahun ini dibanding tahun lalu. Selain disebabkan karena terjadinya pemotongan dana Bagi Hasil Migas pada Pemkab Pelalawan pada tahun ini mencapai Rp 150 M lebih, sehingga oleh pemerintah pusat dinaikan jumlah pembagian DAK untuk Pelalawan," katanya merinci

Namun demikian, kata Mantan Kepala Dinas Pertanian Pelalawan ini, tetap juga tidak sebanding dengan jumlah dana pemotongan dana DBH meskipun terjadi penambahan dana DAK untuk Pemkab Pelalawan oleh pemerintah pusat pada tahun ini.

Sekarang, sebut Atmonadi, realisasi proyek pembangunan dari dana DAK baru mencapai 15-20 persen. Untuk itu, pihaknya akan melakukan evaluasi realisasi dana DAK tersebut untuk mengetahui apa permasalahan yang dialami dinas terkait dalam pelaksanaannya.

"Disamping itu, kita akan lakukan evaluasi pada paket proyek tertentu seperti pembangunan irigasi dan pemukiman terkait permasalahan dengan dinas terkait agar pelaksanaannya nanti tidak mengalami kendala di lapangan,” terangnya.

Khusus untuk realisasi dana APBD Pelalawan, hingga saat ini, tambah Asisten II, dalam hasil evaluasi pihaknya bersama para SKPD di lingkup pemkab Pelalawan hingga kini realisasinya diperkirakan telah mencapai 40 persen di lapangan.”Memang sekarang masih ada sejumlah paket proyek di beberapa dinas tertentu yang masih dalam proses pelelangan oleh pemkab Pelalawan melalui LPSE. Namun demikian,pada tanggal 10 September mendatang, akan dilakukan kembali evaluasi realisasi APBD 2015 oleh Pemkab dengan dinas terkait,” bebernya. R24/mrd/suhemri hasan
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru