riau24 "Petugas Kesulitan Padamkan Api di Lokasi Karhutla" | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kepala BPBPKD Pelalawan Hadi Penandio S.Sos

"Petugas Kesulitan Padamkan Api di Lokasi Karhutla"

0
Kepala BPBPKD Pelalawan Hadi Penandio S.Sos
Berita Riau -
Pelalawan-Riau24.com-Kepala Badan Penanggulangan Bendana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan, Hadi Penandio S.Sos mengakui petugasnya yang diturunkan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kesulitan memadamkan api. Pasalnya, selain lokasi lahan terbakar jauh dari sumber air, akses jalan menuju lokasi juga sulit.

Informasi itu diungkapkan Hadi penandio kepada Riau24.com saat dikonfirmasi di ruangkerjanya, Jum’at (04/09/2015) di Pangkalan Kerinci. Menurutnya, sekarang kebakaran lahan di kabupaten Pelalawan masih terjadi di sejumlah lokasi seperti di jalan Koridor PT. RAPP km 10 Langgam yang telah berlangsung sejak Kamis (03/09/2015) malam hingga hari ini.


Kemudian, katanya, kebakaran lahan juga terjadi di desa Rantau Baru kecamatan Pangkalan Kerinci yang juga terjadi sejak beberapa hari kemarin. Kebakaran juga terjadi di desa Lubuk Keranji dan di desa Merbau Kecamatan Bunut. Tapi didaerah itu sudah diatasi pemadamannya oleh camat bersama PT. Arara Abadi dilapangan.
"Kalau di lokasi lahan lain yang terbakar yang kami tangani sekarang, kami kesulitan memadamkan api di lokasi kebakaran tersebut karena lokasi terbakar jauh dari sumber air ditambah sulit akses masuk ke lahan terbakar tersebut," katanya.

Salah satu solusinya, sebut Hadi Penadio, dengan menggunakan mesin water booming namun pihaknya tidak memilik fasilitas tersebut. “Kadang ada sumber air di lokasi namun jalan akses masuk mobil kebakaran sulit ke lokasi. Untuk mengatasi hal itu, kami sudah ajukan bantuan mesin water boom pada pihak Posko Pemadaman karhutla Induk di Lanud Pekanbaru, karena dengan fasilitas tersebut petugas bisa memadamkan api di lokasi lahan tersebut,” terangnya.

Sekarang ini jumlah titik api di Pelalawan, jelas Hadi Penadio, berjumlah 14 titik, sedang jumlah api kompiden dari 70 titik sehari sebelumnya sekarang hanya 10 titik lagi.

Sementara Informasi dari Kepala BLH Pelalawan melalui Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Lingkungan BLH Pelalawan Widiyani dan Kasubbid Pencegahan dan penanggulangan lingkungan BLH Pelalawan Roro mengaku bahwa sekarang berdasarkan pantauan satelit NOAA di kabupaten Pelalawan sudah tidak ada lagi titik api alias nihil titik api di Pelalawan.

”Kalau lahan terbakar di Pelalawan kemarin terjadi di desa Kayu Ara kecamatan Kerumutan seluas ratusan hektar yang telah berhasil dipadamkan petugas kepolisian dari Polsek Kerumutan bersama para anggota TNI. Sekarang yang masih terjadi kebakaran lahan di sekitar jalan koridor RAPP KM 10 Langgam yang sedang dipadamkan petugas BPBPKD pelalawan,”terangnya. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru