riau24 Pemerintahan Jokowi Tambah Kuat kalau Golkar Ikut Gabung | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pemerintahan Jokowi Tambah Kuat kalau Golkar Ikut Gabung

2
Presiden Jokowi bersama petinggi PAN saat mengumumkan bahwa partai tersebut bergabung dengan pemerintah di Istana Merdeka, Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/9). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Berita Riau -  Pemerintahan Jokowi Tambah Kuat kalau Golkar Ikut Gabung
Jakarta, Riau24.com -- Pengamat politik dari Universitas Indonesia Hamdi Muluk menilai bergabungnya Partai Amanat Nasional ke koalisi pemerintah tak begitu signifikan untuk memperkuat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. 

Hamdi mengatakan suara PAN yang hanya berada di angka 7 persen cukup sulit untuk menyokong jalannya roda pemerintahan secara signifikan. Dengan posisi PAN saat pemilihan legislatif lalu yang hanya berada di papan tengah maka butuh adanya partai lain yang bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat.

“Yang signifikan itu kalau Partai Golkar ikut pindah. Konstelasi politik di Tanah Air bisa langsung berubah,” kata Hamdi ketika dihubungi CNN Indonesia, Sabtu (5/9). 

Hamdi menyebutkan jika Golkar ikut bergabung ke koalisi pemerintah maka posisi kekuatan KIH di parlemen akan melebihi Koalisi Merah Putih. “PAN suaranya tujuh persen, Golkar 13 persen, jadi kalau digabung bisa 20 persen,” ujarnya.

Lebih jauh menurut Hamdi sudah telat bila PAN bergabung dengan KIH yang menjadi poros pemerintah. “Masyarakat sekarang sudah tidak terlalu peduli dengan pengkubuan Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih,” ujar Hamdi.

Hamdi menuturkan adanya dua kubu tersebut saat ini mulai dilupakan oleh publik setelah berjalannya roda pemerintahan Jokowi-JK lebih dari enam bulan. “Orang sekarang berpikir apa bedanya (KIH dan KMP),” ucap Hamdi.

Namun demikian, Hamdi mengatakan bahwa tentunya berbeda bagi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sudah memutuskan bergabung dengan KIH. “Pak Zul sebagai seorang politikus dan ketua umum partai pastinya mempunyai hitungan sendiri,” tutur Hamdi. 

Hamdi mengatakan meski PAN saat ini tidak mendapat kursi menteri karena baru saja diadakan perombakan susunan kabinet oleh Presiden Jokowi namun ke depannya bakal mendapat bagian kekuasaan. “Menunggu ada reshuflle lagi,” ucapnya. 

“Tidak ada ‘makan siang yang gratis’ meskipun sekarang PAN belum dapat apa-apa. Sekarang ini belum konkret deal-deal-nya,” tambah Hamdi. 

R24/cnninonesia/Noe

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Agung
Jumat, 15 Desember 2017 11:22 wib
Bonus PROMO Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018 ,freebet untuk member setia kami :) Deposit 100 ribu dapat 50 ribu hanya ada di POKERVITA.COM dan bisa di klaim setiap harinya sebanyak 1 kali deposit promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017 tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami :) Contact kami: LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com BBM : D88B0154
Nelivera
Rabu, 12 Juli 2017 01:54 wib
Menjadi pemenang Bersama Bolavita D8C363CA (NEW) http://i.imgur.com/A5oZI6Q.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru