riau24 Isi Tas Para Pengungsi Suriah yang Menyayat Hati | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Isi Tas Para Pengungsi Suriah yang Menyayat Hati

1
Foto: international rescue committee
Berita Riau -  Isi Tas Para Pengungsi Suriah yang Menyayat Hati
Suriah, Riau24.com - Para pengungsi Suriah dan Afghanistan kini jadi perhatian dunia. Balita Aylan Kurdi yang tewas saat berusaha mencari harapan baru di Eropa membuka mata negara-negara tujuan para pencari suaka. Barang-barang bawaan mereka saat berkelana tak luput jadi pemberitaan.

Tak ada koper besar atau tumpukan pakaian yang dibawa para pengungsi itu saat meninggalkan kampung halamannya. Mereka hanya membawa baju yang terpasang di tubuh dan beberapa perlengkapan untuk 'bertahan hidup'.

Dikutip dari Buzzfeed news, Minggu (6/9/2015) foto-foto para pengungsi itu bisa dilihat di laman International Rescue Committee, sebuah lembaga nonprofit yang menangani para pengungsi. Mereka mewawancarai dan melihat apa saja isi tas para pengungsi itu.

Salah satu yang cukup miris adalah isi tas seorang bocah bernama Yah Omran. Dia tidak membawa barang-barang yang bisa menopang hidupnya di tempat. Yang dia angkut hanya permen, dua baju ganti, perban, sikat gigi serta sebuah manisan. Omran membawa barang-barang itu di tasnya yang berwarna biru. Dia sudah bertekad untuk mencari kehidupan baru bersama keluarga meski dengan persiapan seadanyaInternational Rescue Committee
Kisah lain datang dari Aboessa. Bersama suami dan bayinya mereka mengungsi dari Damaskus dan berusaha menjangkau Eropa. Isi tas mereka hanya membawa obat-obatan, pasta gigi, krim pelindung matahari, charger ponsel dan dokumen pribadi. Untuk bayi, mereka hanya membawa topi, kaos kaki, dan alas untuk mengganti popok. Sebuah makanan kaleng bayi juga tersimpan di tas.dok. International Rescue Committee
Seorang pekerja farmasi dari Suriah tak membawa banyak barang dalam upaya pencarian kehidupan baru di Eropa. Dia hanya membawa ponsel, charger, uang dan sebuah flash disk berisi foto-foto keluarganya. Semua dibungkus di dalam plastik agar tidak rusak bila terendam air.

Total ada 4 juta pengungsi Suriah yang meninggalkan negaranya sejak tahun 2011. Mereka hanya membawa apa saja yang ada di tubuh dan penunjang kehidupan seadanya. Mereka kini mulai berusaha menjangkau Eropa dengan harapan baru. Namun tak semua negara mau menerima. Sebagian ada yang masih tertahan di Hungaria.

Perhatian terhadap mereka kembali menggema setelah beredar foto bocah bernama Aylan yang tewas di pantai Bodrum Turki. Keluarganya terpaksa mengungsi beberapa kali di dalam wilayah Suriah, sebelum kembali ke Kobane pada Juni lalu, dengan harapan bisa tinggal di sana. Namun kemudian militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menguasai Kobane dan menyandera warga setempat. Keluarga ini lantas memutuskan untuk mencapai wilayah Eropa melalui Turki.

Setelah menabung selama sebulan dan meminjam uang dari kerabat, keluarga ini menumpang kapal kecil bersama puluhan pengungsi lainnya menuju Pulau Kos, Yunani. Namun di tengah perjalanan, kapal mereka terbalik dan tenggelam. Abdullah menuturkan, anak-anaknya terlepas dari genggaman tangannya.

R24/Noe








Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 13:07 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru