riau24 Dampak Kabut Asap, Ratusan Warga Pelalawan Beragam Penyakit | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Dampak Kabut Asap, Ratusan Warga Pelalawan Beragam Penyakit

0
Warga yang terkena penyakit akibat kabut asap sedang mendaatkan perawatan di Rumash Sakit Selasih, Pangkalan Kerinci
Berita Riau -  Dampak Kabut Asap, Ratusan Warga Pelalawan Beragam Penyakit
Pelalawan-Riau24.com-Sebagai dampak dari bencana kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Pelalawan sejak dua bulan terakhir ini, ratusan warga Pelalawan di 12 kecamatan terserang penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Pasalnya berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, sejak 24 Agustus hingga 3 September 2015 terdapat 157 kasus ISPA dan jumlah Warga dirawat di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci terdapat 26 kasus serupa. Jadi Total jumlah warga Pelalawan diserang penyakit ISPA akibat kabut asap mencapai 183 orang.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, dr Endit R Praktiknyo melalui Sekretaris Diskes Pelalawan, H Asril M.Kes dan Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci dr Ahmad Krinein melalui Kabid Pelalayanan Medis RSUD Selasih dr Ralpes kepada Riau24.com pada Jum’at (4/9) lalu di Pangkalan Kerinci.

Menurut Asril, sebagai damapk dari terjadi kabut asap pekat dan tebal menyelimuti wilayah Kabupaten Pelalawan terdapat ratusan warga Pelalawan diserang penyakit ISPA yang tersebar di 12 kecamatan di Pelalawan yang totalnya berjumlah 157 orang. Namun kecamatan yang terbanyak warganya terserang penyakit Ispa akibat dampak Kabut asap di Pelalawan adalah kecamatan Pangkalan kuras 38 kasus.

”Memang semua warga yang terkena penyakit ISPA akibat kabut asap, pihak petugas Diskes Pelalawan bersama jajaran petugas Puskesmas di setiap kecamatan sudah standby memberikan pelayanan pengobatan secara gratis pada warga. Hal itu kita lakukan sebagai bentuk perhatian khusus pihak Diskes Pelalawan bersama jajarannya di setiap kecamatan untuk melayani para warga terkena ISPA tersebut,”terangnya.

Dituturkan Mantan Kabag Umum Sekwan Pelalawan ini, selain kasus ISPA yang melanda ratusan warga Pelalawan juga terdapat 15 warga terkena pennyakit iritasi kulit, 17 orang warga terkena iritasi mata, dan sebanyak 14 orang warga terkena penyakit asma.

”Sekarang semua warga yang terkena penyakit ISPA,iritasi kulit, iritasi mata dan asma telah ditangani dengan baik oleh para petugas puskesmas yang di setiap kecamatan di Pelalawan,”jelasnya.

Semenatara dari informasi Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci dr Ahmad Krinein melalui Kabid Pelayan Medis RSUD Selasih dr Raples mengaku bahwa sejak kabut asap melanda wilayah ini terdapat puluhan warga Pelalawan terkena penyakit ISPA dimana pada tanggal 28 Agustus lalu terdapat 11 kasus ISPA dirawat di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru