riau24 'Melepas Sirkuit Monza Melukai Jantung Balapan' | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

'Melepas Sirkuit Monza Melukai Jantung Balapan'

0
Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, dan Felipe Massa merayakan podium mereka dengan menuangkan champagne ke arah penonton. (Mark Thompson/Getty Images)
Berita Riau -  'Melepas Sirkuit Monza Melukai Jantung Balapan'

Monza-Riau24.com-Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, meminta kepada bos Formula 1 untuk tidak menghilangkan GP Monza hanya karena alasan keuangan. Berbicara setelah mendapat tempat kedua di ajang yang berlangsung Minggu (6/9), juara dunia empat kali itu juga mengatakan bahwa melepas salah satu sirkuit tertua di dunia itu sama saja dengan merobek-robek jantung balapan Formula 1

Isu mengenai perpanjangan kontrak GP Monza mencuat dalam satu pekan sebelum balapan. Monza kini hanya memiliki satu tahun kontrak tersisa dan mengalami kesulitan keuangan untuk membayar kewajiban sebagai tuan rumah senilai lebih dari US$20 juta, atau setara Rp283,6 milar. 

Bos F1, Bernie Ecclestone, sejak tahun lalu menyatakan bahwa mereka tidak akan lagi memberikan keringanan bagi Monza sehingga saat ini belum ada kejelasan apakah Monza masih akan menjadi tuan rumah F1. 

Vettel yang pertama kali naik podium di Monza sebagai pebalap Ferrari, mengingatkan bahwa sirkuit tersebut harus tetap menjadi tuan rumah bahkan jika hanya dilihat dari keriuhan yang ditimbulkan oleh para penonton.

"Ini podium kedua terbaik dalam karier saya," kata Vettel seusai balapan. "Emosi yang saya rasakan di atas podium sangat luar biasa. Jika kami menghilangkan ini hanya karena alasan keuangan, saya kira Anda akan merobek jantung balapan."

Monza sendiri memang terkenal memiliki penonton paling 'gila' dalam Formula 1. Di atas tribun, para penikmat balapan yang kebanyakan tifosi Ferrari mengibarkan bendera dan menyanyi seperti halnya penonton sepak bola di dalam stadion.

Menurut Vettel, hal inilah yang harus diselamatkan oleh Formula 1. 

"Ketika Anda berada di grid, Anda melihat ke kiri dan ke kanan, ada orang-orang yang bahagia hanya menjadi bagian dari balapan. Dan hal ini membuat hari kami menyenangkan. Sesederhana itu."

Senada dengan Vettel, pebalap Mercedes yang merebut podium pertama Lewis Hamilton juga meminta agar trek bersejarah ini dipertahankan.

"Ini salah satu trek terbaik di dunia, jadi harus dipertahankan karena alasan moral," kata Hamilton seperti dikutip dari Crash. "Anda memiliki para penggemar ini yang datang setiap tahun, dan jika Anda menggantinya dengan yang lain, Anda tidak akan memiliki pengaruh yang sama."

Felipe Massa yang berada di tempat ketiga setelah Hamilton dan Vettel juga meminta hal serupa.

"Kami membalap demi mereka. Ketika Anda berdiri di atas podium dengan para pendukung seperti ini, Anda tidak boleh kehilangannya."

"Ini bagian dari darah kami dan kami tidak boleh kehilangan balapan ini."

Ecclestone sendiri telah bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, untuk membicarakan nasib sirkuit Monza. Meski demikian, belum diketahui basil pertemuan tersebut.

R24/cnnindonesia/Noe 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru