riau24 DPRD Riau Buat Pernyataan Sikap, Isinya Meminta Kepedulian Pemerintah Menangani Kabut Asap | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

DPRD Riau Buat Pernyataan Sikap, Isinya Meminta Kepedulian Pemerintah Menangani Kabut Asap

0
Karena Kabut Asap 'Menggila', DPRD Ruau Terbikkan Pernyataan Sikap
Berita Riau -  DPRD Riau Buat Pernyataan Sikap, Isinya Meminta Kepedulian Pemerintah Menangani Kabut Asap
Pekanbaru-Riau24.com-Menyikap kondisi kabut asap yang melanda Provinsi Riau ini, kalangan DPRD Riau mulai angkat bicara, dengan meminta agar adanya sikap yang diambil segera untuk masalah ini oleh pemerintah daerah ditujukan pada pemerintah pusat.
 
Seperti disampaikan oleh anggota DPRD Riau Bagus Santoso disaat Rapat Paripurna yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pelestarian Pengembangan Budaya Melayu dan Kearifan Lokal, Senin (7/9). 
 
"Saya melihat ini kebakaran lahan banyak terjadi pada kawasan HTI (Hutan Tanaman Industri) di Riau. Tapi, anehnya belum ada tampak penanganan serius. Sehingganya ini dikeluhkan masyarakat. Maka, saya meminta perlu sikap tegas dari pemerintah," ujar Bagus.
 
Anggota Fraksi PAN ini menyebut bahwa, harus ada ketegasan dari pemerintah cabut izin perusahaan menelantarkan HTI miliknya, yang sehingga menyebab ada terbakar dan tidak tersentuh hukum. Maka harus ada ketegasan menegakan aturan.
 
Bagus menyebut, hal kebakaran lahan menjadi keresahan warga dan dampak yang luas terhadap kasus asap. Sikap disampaikan Bagus mendapat dukungan dari Syamsurizal. "Ketegasan ini mesti ada dari pemerintah. Tapi sampai saat ini belum ada," kata Politisi PAN ini.
 
Sementara itu, Sugianto anggota Fraksi PKB juga menilai terjadinya kebakaran lahan di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan di Riau ini dikarena pemerintah tidak tegas memberi sanksi. Makanya, kejadian kabut asap ini sudah 18 tahun di Riau.
 
"Kasus asap membahayakan bagi keberlangsungan hidup daripada masyarakat. Ini sudah tidak bisa ditolerir lagi. Karenanya ini, harus dibuat pernyataan sikap Lembaga DPRD Riau yang ditujukan pada pemerintah. Sehingga kabut asap tidak lagi meresahkan," katanya.
 
Terkait hal ini, Noviwaldy Jusman mengatakan, agenda pernyataan sikap terkait kasus asap memang perlu ada. Maka, telah disepakati pernyataan sikap. Isinya meminta Gubernur Riau menaikan status kabut asap, meminta kepedulian pemerintah pusat, dan menindak tegas perusahaan. R24/dai
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru