riau24 Cadangan Devisa RI Tergerus US$ 2,3 Miliar untuk Bayar Utang | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Cadangan Devisa RI Tergerus US$ 2,3 Miliar untuk Bayar Utang

0
Bank Indonesia akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Berita Riau -  Cadangan Devisa RI Tergerus US$ 2,3 Miliar untuk Bayar Utang

Jakarta-Riau24.com-Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2015 sebesar US$ 105,3 miliar, lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2015 sebesar US$ 107,6 miliar. 

Penurunan tersebut disebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri Pemerintah serta penggunaan devisa dalam rangka stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya yang dilakukan oleh otoritas moneter Indonesia.

"Hal tersebut sejalan dengan komitmen Bank Indonesia yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam rilisnya, dikutip Selasa (8/9).

Di sisi lain, kenaikan penerimaan devisa yang terutama bersumber dari penerbitan Samurai Bonds Pemerintah mampu menahan penurunan lebih lanjut. Sebagai informasi Pemerintah Indonesia pada Selasa (4/8) lalu telah menerbitkan surat utang berdenominasi Yen Jepang senilai 100 miliar yen atau US$ 800 juta.

Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir Agustus 2015 masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," ujar Tirta. 

R24/cnnindonesia/noe 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru