riau24 Kampung Rawa  Mekar Jaya Nihil Titik Api | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kampung Rawa  Mekar Jaya Nihil Titik Api

0
ilustrasi
Berita Riau -  Kampung Rawa  Mekar Jaya Nihil Titik Api
Siak-Riau24.com-Sejak dipasang papan himbauan larangan jangan membakar lahan dan hutan oleh organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kampung Rawa Mekar Jaya, tepat di sekitar hutan yang ada di kampung tersebut. Disaat ini, nihil titik api sama sekali.
 
"Alhmadulilah semenjak dipasang papan himbauan pada tiap lahan gambut serta hutan rawan akan kebakaran, kususnya di jalan dari Kampung Rawa Mekar Jaya yang menuju hutan PT IKPP, di saat ini kebakaran ataupun titik api sudah tidak ada lagi," terang Setiono.
 
Ini disampaikan oleh Ketua MPA Kampung Rawa Mekar Jaya saat dihubungi. Dia bahkan sudah dua tahun ini, semenjak tim MPA ada berkerja samaan dengan Satgas Damkar di Kampung Rawa Mekar Jaya dan juga kerjasama dengan masyarakat menjadi nyaman.
 
"Sekitar dua tahunan lebih, sejak MPA tsudah erbentuk dan papan himbauan kita pasang, ditempat kita sudah bebas dari kebakaran. Ini semua berkat dukungan dan kerjasama di masyarakat sama-sama menjaga lingkungan tidak dibakar dan lainya,' ujar Setio.
 
Lanjut Setio ini yang juga sebagai Sekdes atau pun krani Kampung Rawa Mekar Jaya, sebelum MPA terbentuk berapa tahun lalu serta di kampung ini, selalu banyak titik api, serta masyarakat kewalahan melakukan pemadaman, dengan adanya MPA anggota 15 orang.
 
"Anggota MPA dikampung ini 15 orang, ini semuanya sukarelawan tanpa digaji, selanjutnya ditambah lagi juga anggota Satgas Damkar Kampung 5 orang, jadi semuanya 20 orang setiap minggu bergiliran melakukan patroli dilahan gambut ini rawan kebakaran," katanya.
 
MPA Kampung Rawa Mekar Jaya selama ini tidak pernah harapkan honor dari pemerintah, dan serta selama ini MPA berjalan berkat itu swadaya ataupun memotifasi dari masyarakat ini sama-sama peduli dengan permasalahan lingkungan yang melanda daerah sekarang.
 
Senada itu, di Penghulu Kampung Rawa Mekar Jaya Suwito ini turut membenarkan bahwa kinerja dari MPA dikampungnya sangat bagus sekali serta perlu diberi aspresiasi "Memang kinerja MPA yang untuk juga bekerjasama Satgas Damkar kampung disini bagus," katanya.
 
Dan saat ini banyak halnya kabut yang melanda Siak, bukan karena akibat adanya titik api didaerah ini tapi melainkan kabut asap kiriman dari tempat Provinsi tetangga dan kabupaten tetangga. Tapi diharap akan kinerja MPA yang selama ini mandiri tanpa honor pemerintah.

R24/dai/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru