riau24 Disnak Kuansing Perkirakan Hewan Qurban 1.700 Ekor | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Disnak Kuansing Perkirakan Hewan Qurban 1.700 Ekor

0
Hewan Kurban
Berita Riau -  Disnak Kuansing Perkirakan Hewan Qurban 1.700 Ekor

Kuansing-Riau24.com-Dinas Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi memperkirakan, jumlah hewan kurban menghadapi Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah ini sekitar 1.700 ekor, yang akan disembelih untuk seluruh wilayah di Kuansing.

Guna menghadapi Hari Raya Idul Adha di Kuansing maka kaum muslimin dan muslimat akan melakukan pemotongan hewan kurban, yang akan dilakukan Kamis (24/9/2015) dan diperkirakan mencapai 1.700 ekor lebih,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kuantan Singingi, Marhumala Pontas, ketika dihubungi, Selasa (22/9/2015).

Namun berapa rinciannya masih dilakukan pendataan, sebab akan bertambah atau baru diketahui menjelang datangnya H-1, karena biasanya bakal ada tambahan karena saat ini belum final.

Menurutnya, kebutuhan hewan qurban tersebut tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kuansing, akan tetapi hewan qurban tersebut tidak seluruhnya berasal dari Kuansing, tetapi juga didatangkan dari luar Kuansing seperti Sumbar dan Pulau Jawa.

Sedangkan sebagai tempat penampungan hewan qurban pada tahun ini juga meningkat, yang tersebar di seluruh wilayah Kuansing dan sebagian besar hanya terdapat di sekitar mesjid atau surau tempat pemotongan hewan qurban masyarakat.

"Dengan meningkatnya kebutuhan hewan kurban pada tahun ini, suatu pertanda tingkat kesejahteraan masyarakat juga meningkat dan kesadaran akan menunaikan rukun Islam kelima juga meningkat," tuturnya.

Sebenarnya, kata Kadis, seluruh hewan Qurban telah dilakukan jauh-jauh hari dan ini tentu saja untuk memberikan kepastian terhadap hewan qurban dan masyarakat juga merasa terlindungi dari segala bentuk penyakit yang berasal dari hewan tersebut.

“Makanya Disnak Kuansing selalu melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban agar terlindungi dari segala bentuk penyakit, pemeriksaan ini memang terus dilakukan mengingat kesehatan hewan itu sangat penting, dan lagi pemeriksaan ini juga instruksi dari Bupati, untuk menjamin kesehatan hewan kurban sehingga layak untuk dikonsumsi,” katanya menambahkan.

Pemantauan ke seluruh hewan qurban oleh seluruh petugas di lapangan dan Cabang Dinas Peternakan kecamatan maupun Dinas Peternakan Kuansing dan seluruh petugas akan masuk ke tempat-tempat penampungan hewan dan telah diintensifkan sejak H-7 lalu.

R24/mrd/replizar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru