riau24 Bupati Pelalawan dan Kapolres Ikut Padamkan Api di Lokasi Karhutla | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Bupati Pelalawan dan Kapolres Ikut Padamkan Api di Lokasi Karhutla

0
Karhutla di wilayah Pelalawan
Berita Riau -  Bupati Pelalawan dan Kapolres Ikut Padamkan Api di Lokasi Karhutla

Pelalawan-Riau24.com-Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Kapolres Pelalawan AKBP Ade Johan H Sinaga SIK, Mhum bersama Tim Gabungan Damkar BPBPKD Pelalawan, Kepolisian, TNI, MPA dan warga setempat Selasa pagi (22/9/2015) turun langsung bekerja keras memadamkan api di lahan warga yang sudah dua minggu terbakar di areal seluas puluhan hektar di desa Rantau Baru Kecamatan Pangkalan Kerinci menggunakan 5 unit portable dan alat berat.

Akibatnya, kobaran api yang membakar puluhan hektar lahan sawit dan lahan kosong milik warga ikut membakar lahan kebun sawit milik PT Guna Dodos.

Bupati Pelalawan HM Harris mengaku bahwa petugas di lapangan untuk memadamkan api yang membakar lahan warga dengan memutuskan jalur kobaran api pakai dengan alat berat untuk membuat parit dan kolam air yang dijadikan sumber air dalam memadamkan api di lokasi.

“Kini kan air parit di sekitar lahan warga terbakar sudah kering sehingga salah satu jalan dapat air untuk padamkan api dengan menggali dan membuat kolam air sehingga bisa mendapat sumber air," terang HM Harris.

Sementara Kepala Badan Bencana Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan Hadi Penandio menuturkan bahwa di lokasi lahan warga yang terbakar sudah pernah disemprotkan air pakai mesin water booming. Hanya saja kobaran api kembali terjadi dan membesar hingga menjalar cepat dan meluas akibat tiupan angin kencang sehingga api menjalar membakar puluhan hektar lahan kebun sawit milit PT. Guna Dodos.

”Tim gabungan yang terdiri dari Damkar BPBPKD Pelalawan, Kepolisian, TNI, MPA dan warga bekerja keras memadamkan api dengan 5 unit portable dan alat berat di lahan puluhan hektar areal kebun sawit milik PT.Guna Dodos yang nilai warga tidak peduli meski pun lahan mereka yang terbakar berbatasan,” ujar Hadi Penandio.

Bahkan warga Desa Rantau Baru pada Bupati HM Harris dan Kapolres AKBP Ade Johan H Sinaga SIK, Mhum menyampaikan kekesalan mereka terhadap sikap pihak manajement PT Guna Dodos yang tidak mau ikut bersama warga dalam memadamkan api yang telah lama membakar lahan kebut sawit mereka.

"Kami sangat kecewa dan kesal pak Bupati dengan sikap PT Guna Dodos tidak mau tahu ikut membantu padam api di lahan kebun warga yang berbatasan dengan kebun perusahaannya. Ada 2 hari yang lalu perusahaan menurunkan peralatan dan anggotanya, namun mereka hanya menonton melihat kami padamkan api di lapangan," keluh seorang warga Abuzar (55) pada Bupati dan Kapolres di lokasi lahan terbakar.

Tampaknya, sebut Abuzar, pihak perusahaan berpikiran kalau lahan mereka tidak terbakar mereka kurang peduli. "Kini karena lahan mereka sudah terbakar baru perusahaan mulai sibuk kerahkan petugasnya untuk padamkan api di lapangan," jelasnya.

Ocehan warga itu ditanggapi Bupati dengan mengatakan bahwa dirinya ikut menyesalkan sikap perusahaan tersebut. ”Kita memang ikut kesal dan kecewa dengan sikap kurang peduli yang ditunjukan perusahaan terhadap lahan terbakar,” jelas Bupati.

Di lapangan Bupati dan Kapolres beserta rombongan menyaksikan langsung api yang merambat dan membakar lahan perusahaan.

R24/mrd/suhemri

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru